Tips Biar Sandal Nggak Sering Hilang

Sudah tak terhitung lagi jumlah sandal saya yang telah hilang. Lebih tepatnya sih bukan hilang, tapi ketukar sama orang lain. Kebanyakan terjadinya di Masjid, ya kadang pernah juga hilang di kosan teman. Bagi yang pernah mengalaminya, tahu sendiri kan perasaan kita pada saat itu? Kesaaal, kayaknya darah ini sudah sampai ke ubun-ubun. Masih mending kalau sandal kita itu sudah jelek, nah gimana kalau masih kinclong alias baru? Mau marah tapi marah sama siapa. Bingung jadinya.

Setelah kejadian yang sering menimpa saya itu, saya renungkan dan pikirkan gimana caranya agar sandal saya jadi nggak sering hilang. Nah, dibawah ini akan saya sampaikan beberapa tips hasil perenungan dan pemikiran saya selama ini yang mudah-mudahan saja bisa meminimalkan kemungkinan hilangnya sandal, bagi Anda dan terutama saya sendiri. Singkat saja, berikut tipsnya:

  • Setelah Anda melepas sandal, segera balik posisi sandal. Jadi bila Anda keluar dari Masjid nggak perlu membalikkan badan ketika akan memakai sandal. Kalau sandal Anda sendirian dalam posisi terbalik begitu, niscaya orang lain nggak akan menyangka kalau itu adalah sandalnya.
  • Letakkan sandal Anda di tempat yang tersembunyi atau tempat di mana sandal yang disimpan di situ sedikit. Hindari meletakkan sandal di kerumunan sandal yang bentuk dan warnanya sama. Kalau ada tempat penitipan sandal itu lebih baik.
  • Direkomendasikan agar jangan memakai sandal sejuta umat (baca: sandal jepit). Apalagi mereknya Swallow. Kayaknya nggak ada rumah yang nggak ada sendal merek itu. Biarpun mereknya beda tapi tampilan sandal jepitnya tetep sama. Banyak kasus hilangnya tertukarnya sandal gara-gara fisiknya sama. Silahkan beli sandal yang murah tapi punya ciri khas yang beda dengan sandal-sandal yang lain. Contohnya sandal yang ada duri-durinya (buat pijat telapak kaki) yang sering dipake sama Kang Sadat hehehe…
  • Jangan memakai sandal yang mahal dan bermerek. Kasusnya bukan lagi nggak sengaja ketuker tapi memang benar-benar hilang dicuri orang.
  • Bila memang mampunya pake sandal jepit, cobalah sandal tersebut Anda modifikasi sedikit. Bisa dikasih huruf/simbol yang mencerminkan nama Anda, kasih paku payung atau gimana pun caranya biar sandal Anda tampak berbeda.
  • Berdo’a. Bertawakallah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala karena sebesar apapun usaha kita namun yang menentukan segalanya adalah Dia.
  • Kalau sandal Anda terlanjur hilang, maka jangan sekali-kali nyomot sandal orang lain juga yang ada di sebelahnya. Memang hati Anda akan merasa sakit, saya juga demikian, tapi sabar adalah baik bagi Anda. Efek domino biasanya akan terjadi bila Anda melanggarnya. Coba tanyakan pada takmir Masjid bersangkutan apakah punya koleksi sandal jepit butut jama’ah yang ketinggalan. Kalau ada diminta aja. Masak nggak mau ngasih. Kalau nggak ada ya apa boleh buat: nyeker sampe rumah terus beli sandal baru lagi.
  • Yang terakhir dan yang perlu diperhatikan, lihatlah sandal yang akan Anda kenakan. Kalau perlu dirasakan apakah sandal yang Anda pakai tersebut benar-benar milik Anda atau bukan.

Demikian, semoga bermanfaat.

Posted on 19 Oktober 2008, in Tipntrik and tagged , , . Bookmark the permalink. 22 Komentar.

  1. Wah makasih nih atas tulisannya, saya juga pernah kehilangan sepatu di masjid😀
    oh iya, insya Alloh nanti saya nulis tutorial lagi deh, udah banyak juga sih yg mau di share..

  2. saya pernah kehilangan juga, dan pulang dipinjamkan sandal jepit oleh pengurus masjid, karena sayakan gak mungkin pake sandal orang lain …

  3. bangher ku nggak setuju tu, ma tips yg no3, cos sandal jepit tu mang favorit n paling praktis.pokoke VIVA sandal jepit.

    trus, sendal yg berduri2, sakit banget tuh. Tingkat sakitnya berbanding lurus dengan berat badan gitu.[sambil nebak2 mesti `kang sadat` tu orangnya kurus ya?

    trus masalah nyembunyiin sandal.dulu pernah liat ibu2 nyembunyiin sandal di balik pintu masjid. heheehee recomended ga tuh?

  4. dikunci stang aja beres, hiiihi, ato kalo ngga dikasi password sekalian face,eh feet recognizer, atau scanner sidik jempol kaki, hihi

  5. Kalo ane pake proteksi ganda:
    1. Dipisah dalam jarak yang cukup jauh (orang bakal mengira itu sandal hilang sebelah dan kemungkinan dicolong kecil. tapi bahayanya kalo orang ngira itu sampah terus dibuang).
    2. Salah satu atau keduanya dibalik.

    * trauma pemakaian perdana sandal baru langsung ilang di masjid *

  6. Hahahaa lutu tuh bro…jadi inget dulu di masjid alghifari. Udah sendal jepit, masih aja diembat.😀

    o iya akh.
    Antum diundang ke sini.

  7. satu lagi her. sendal dari ban itu kekna aman. tapi nek kepanasen yo sendale dadi panas juga
    @ bu saptari : berarti njenengan gemuk ya?:mrgreen:

  8. ada juga yg nyaranin di-ceraikan antara sendal yg kiri dan kanan pak, jadi narohnya sendal kiri kemana, sendal sebelah kanan kemana gitu…

  9. Untung sendalku laen dari yang laen…

  10. Kalo saya gampang, satu dengan yang lainnya saya letakkan berjauhan…dan posisi terbalik

  11. aku pake eiger ajah
    insyaAlloh ga ketuker
    klo dicuri juga kebangetan

  12. makasih mas postingannya, hal sepele yang jarang diperhatikan banyak orang…
    insya Allah bermanfaat. meskipun sepatu baru saya pernah hilang di masjid kampus….

  13. Her..klo tips biar sandal ga hilang di Mes ada gak her.
    Sandalku dah 2 kali hilang neh. Secara di Mes banyak orang hilir mudik, ya nginep situ atau kerja disitu.
    Fiuuh..😦

  14. @all
    makasih komentar2nya…
    barakallahu fiikum

  15. Saya setuju ma temen-temen yang nyaranin taro’ sandalnya dipisahin dengan jarak beberapa meter antara sandal kanan dan sandal kiri. Cuma repotnya, sewaktu mau ambil balik, orang bakalan liat kita kok pakai sebelah dulu trus jalan ke tempat sandal yang satu lagi.

  16. Jazakallah infonya…
    Tapi Alhamdulillah, sandal saya sekarang jarang ilang😛

  17. ternyata ada juga kejadian seperti itu.
    aku sih ngga pernah,tapi pernah liad orang yg mencuri sandal di masjid.
    emang sandalnya ndri kemana ya?

  18. aduh thenkyu bgt.. dah 2 kali sendal ilang..
    bukan masalh bli laginya..
    tapi walaupun cman sendal biasa,,( sendal jepit ando )
    kenangannya itu loh..

    bagi siapa saja yang suka nyolong sendal.. bertaubatlah..

  19. hilang ? ya beli lagi.. hilang lagi…? beli lagi…hilaaaaangngngn… beli lagi!!!!!!
    walau cuma sendal jepit.. tapi kaki bersih… kena air no problem…ada yang ngelirik..? ya keterlaluan.. ditinggal di luar… hati gak cemas..hilaaaaaaaaaaaang…beli lagi

  20. izin copas,,ya.. mau takbagiin tipsnya..hehe

  1. Ping-balik: Tips Sekuriti Sandal di Masjid « Blog-blogan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: