Keripik Salak

Sudah pernah makan keripik salak? Mungkin tidak banyak orang pernah menyicipi keripik yang satu ini karena biasanya singkong atau kentang yang sering dibuat keripik. Kalau begitu pertanyaannya saya turunkan. Apakah Anda sudah pernah melihat keripik salak? He..he..he.. kalau belum lihat saja gambar di bawah ini.

Hmmm, apa cara menggoreng keripik salak sama dengan cara menggoreng keripik-keripik yang lain (keripik singkong dkk)? Jelas beda. Buahnya berbeda dari segi tingkat kadar airnya. Singkong dan kentang memiliki tingkat kadar air yang relatif lebih kecil dibandingkan buah salak. Sehingga diperlukan perlakuan khusus agar salak pondoh yang digoreng menjadi kering sempurna seperti keripik-keripik yang lain, tidak sekedar menggoreng cara konvensional. Kalau nggak, ditunggu sampai kiamat pun nggak akan kering:mrgreen:

Oleh karena itu dibuat alat penggoreng dalam wadah hampa udara (vacuum frying) dalam bentuk tabung. Di dalam tabung berisi minyak goreng yang dijaga panasnya pada suhu 70-80 derajat selsius.

Gambar yang ada di postingan ini saya peroleh ketika melaksanakan kegiatan KKN UGM di Kelurahan Purwobinangun Kecamatan Pakem, Sleman tepat dua tahun yang lalu. Kecamatan Pakem terletak di sebelah utara kota Yogyakarta yang dekat dengan kawasan wisata gunung Merapi merupakan daerah penghasil salak pondoh. Seperti yang kita ketahui, banyak sekali jenis salak yang ada di Indonesia, salah satunya salak pondoh. Ciri khas dari salak tersebut adalah ukuran buahnya yang kecil tapi rasanya sangat manis, orang bilang sih manisnya semanis madu. Apabila dibuat keripik, rasanya tidak berubah karena akibat dari proses penggorengan dalam hampa udara.

Program KKN-nya bertemakan pengadaan alat penggoreng keripik salak -lebih tepatnya salak pondoh- yang nantinya dikelola secara mandiri oleh masyarakat, tentunya diadakan pelatihan terlebih dahulu. Dilatar belakangi dari melimpahnya salak pondoh di daerah tersebut pada musim panen raya bulan November sampai Maret sehingga harga di pasaran menjadi murah mencapai Rp. 1.500,00 perkilo. Namun bila bukan pada saat musimnya harga salak pondoh menjadi mahal sekitar Rp. 8.000,00. Nah, agar petani tidak rugi pada saat musim panen raya dan tidak mungkin bisa salak pondoh ditimbun dulu lalu dijual pada saat musim paceklik, maka sebagian salak pondoh disulap menjadi keripik, dengan harapan kesejahteraan petani semakin meningkat.

Harga keripik salak di pasaran tergolong mahal. Anda perlu merogoh kocek dalam-dalam agar bisa membeli satu kilo keripik salak yang harganya Rp. 90.000,00 sampai Rp. 100.000,00. Maklum, dari satu kilo buah salak pondoh menghasilkan hanya satu ons keripik salak. Jadi untuk memperoleh satu kilo keripik salak dibutuhkan sepuluh kilo buah salak. Itu belum biaya pembelian bahan bakar elpiji dan minyak goreng. Bila Anda ingin merasakan sensasi legit, gurih dan manisnya keripik salak, harga tersebut masih wajar.

Sayang, setelah kira-kira satu tahun setelah KKN berakhir, alat penggoreng keripik salak rusak. Ketebalan tabung tidak sesuai dengan yang direncanakan sehingga aktifitas produksi hanya bertahan sebentar saja. Entah bagaimana bisa terjadi. Oleh karena itu pada tahun ini telah diberangkatkan tim KKN UGM yang rencananya akan memperbaiki alat tersebut. Mudah-mudahan berhasil.

Posted on 17 Juli 2008, in Ceritakoe and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 39 Komentar.

  1. Sadat ar Rayyan

    Sudah pernah makan keripik salak? Belum.😀

  2. Saya kirain klo lokasinya di Malang yang kaya akan kreasi kripik….
    Yang nggak biasa adalah kripik apel, nanas, nangka, melon
    3 tahun belakangan kripik nangka mulai banyak yang memproduksi, tapi saya tahu pertama kali waktu di Malang sekitar 10 atau 11 tahun lalu

  3. jadi gimana, ada niat mau jadi produsen keripik salak atau mau jadi produsen alat penggoreng keripik salak ?🙂

    kayaknya bisa di tawarkan di Bali tuh, disana kan banyak petani salak juga, klo pas lagi musim dulu beli sekarung cuma Rp 5.000 tuh

  4. @sapimoto
    ooo gitu ya mas, klo saya mah keripik salak itu nggak biasa, yang sering keripik singkong, kentang, tempe…
    saya pernah denger keripik nangka, alat penggorengnya pun sama dengan keripik salak. orang bilang rasanya lebih mantep daripada keripik salak, apa iya ya?

    @heri
    jadi konsumen aja deh mas:mrgreen:
    untuk berbisnis keripik salak ini dibutuhkan modal uang yang tinggi. setahu saya harga alat penggorengnya di pasaran sekitar 25 jutaan, belum lagi harga perkilo keripik salak mahal, mungkin targetnya masyarakat kelas menengah ke atas.
    mang di bali belum ada ya?

  5. kripik salak, wah ada ada aja ya.. enak ga..?
    eh kalo udah pernah coba kripik salak yang rada rada aneh
    pernah ga makan “Es Bakar ” ? (just kidding)

  6. Keknya pnah nyobain…

  7. enyak enyak enyak…

    keripik nangka juga enyak, humm…

    met kenal!🙂

  8. Belum pernah coba. Aaaah.

    Ada juga lho kripik apel, kripik nangka, kripik blimbing, kripik mangga.
    Mau ??? saya pernah beli pas di Malang, tapi di Pacet, Mojokerto juga ada kok.

    hihihi😀

  9. assalaamu’alaykum

    keripik kentang paling enak…😀

  10. keripik buah2an paling awal terkenalnya ya di malang, shg jadi sebutan cemilan oleh2 khas malang🙂

  11. Yup, kalo ngomongin kripik aneh2 ya Malang to… Ada kripik nangka yang muanteb banget, kripik mangga yang manis2 asem, kripik belimbing yang aneh, sampe kripik melon yang bikin pusing. Hehehe, kayaè semua dikripikin. Tapi berdasar survei, kalo habis pulang dari Malang dan bawa oleh2, orang luar Malang paling suka ma kripik tempe-nya tuh… (narsisme kedaerahan) ^^

  12. Ada yg tau contact person / almt lkp produsen kripik ? Yang kira2 bisa dikulak gitcu…..

  13. ada gak yg jual kripiknya cara grosir jadi bisa dijual lagi dlm kemasan lebih sederhana agar kalangan menengah kebawah bisa merasakan.tlng dibalas

  14. @yoyo
    mungkin ada saja mas, tapi saya belum menjumpainya. coba saja anda ke sentra2 produksi keripik salak semacam di daerah turi sleman (DIY) atau di daerah lainnya. setahu saya keripik salak yang telah diproduksi, produsen langsung menitipkannya ke toko2 agar keuntungannya lebih besar. hal tersebut wajar karena biaya untuk memproduksinya pun besar terutama dari pengadaan alat penggorengnya. mengenai kemasan memang bisa lebih sederhana, namun harus sesuai dengan standar kemasan keripik buah2an yaitu bahan dasarnya terbuat dari alumunium foil agar keripik tahan lama.

  15. boeh minta gambar skematik atau cara kerjanya mesin vacuum frying gak..

    thanks

  16. memang enak kok …, semua buah bisa dibikin keripik kecuali buah…….?
    ikut nimbrung

    komen blogku ya thanks

  17. waah… wisata kuliner ni ceritanya???
    kenapa gak ngunjungin makanan asal Papua juga?? kangen deh sama kampung lahir….

  18. Bagi temen2 yang butuh informasi seputar Mesin Vacuum Frying atau peluang bisnis keripik buah silahkan kunjungi website kami di http://www.vacuumfrying.com! Kalau mau sharing juga monggo…

  19. Melihat dari modal yg cukup tinggi,sepertinya agak susah diikuti oleh petani bermodal kecil termasuk saya.Belum lagi masalah pemasaran yg belum pasti.Aku lebih suka mengembangkannya dalam bentuk lain spti manisan spti coco itu lho.

  20. GROSIRNYA KRIPIK BUAH DI MALANG YAA….
    DI GROSIR KRIPIK
    SEE ….
    natureoleh-oleh.blogspot.com

    dijamin muurraah polll dengan quality yang TOP

  21. Info daftar harga

    bersama ini kami sampaikan daftar harga keripik
    Keripik Nangka curah
    Standart 55.000 Super 75.000
    Keripik Nangka Kemasan
    100 g ==> Rp. 7.500
    200 g ==> Rp. 14.500

    Keripik Apel curah
    Kecil 55.000 Super 75.000
    Keripik Apel Kemasan
    100 g ==> Rp. 7.500
    200 g ==> Rp. 14.500

    Keripik Mangga Rp. 90.000/ Kg 10.000/ 100 g
    Keripik Salak Rp. 75.000/ Kg 8.500/ 100 g
    Keripik Pisang Rp. 25.000/ Kg 3.500/ 100 g
    Keripik Telo Ungu Rp. 25.000/Kg 3.500/ 100 g
    Keripik Tempe Rp. 30.000/ Kg 4.000/ 100 g
    Keripik Talas Rp. 25.000/ Kg (if any) 3.500/ 100 g
    Keripik Rambutan, 85.000 / Kg 9.500/ 100 g
    Nanas, 85.000/ Kg 9.500/ 100 g
    dll Menyusul
    (sebab saat ini harga buah tsb dipasaran masih mahal)

  22. wah seru nich di daerah mana ya kripik salak yang paling mantapz???

  23. Standar vacum pd mesin vacum fry,kalo kurang dari angka 65 apa ada kebocoran?

  24. khusna dwijayanti

    Assalamualaikum..

    Saya dulu jg KKN d Purwobinangun Pakem Sleman dgn tema yg sama d bwh bibbingan pak Tri Agung Rohmat.
    Kayaknya qt satu unit deh dulu…
    bener gak…?

    • wa’alaykumussalam warahmatullah wabarakatuh,

      iya betul, kita satu unit. saya dulu sub unit 1 dengan kormasit mas morgan, menangani desa jamblangan.

      • khusna dwijayanti

        o gtu.. berarti sama dengan Lina ya
        saya dulu di sub unit 2 Potro, kormasit mas Prima.
        pa kabar mas.. ? stelah lulus dr Teknik industri sy lanjut study ke Kualalumpur.
        Semoga sukses yah

  25. mas..keripik salak sekarang mahal lho..soalnya harga keripik salaknya tergantung harga bahan baku juga.Mesin yang dari kkn ugm udah dijual soalnya kapasitasnya kecil sekarang udah ganti yang gedhe kapasitas 10 kg.Cek aj KERIPIK SALAK ARGA.

  26. setyo puji rahayu

    di daerah saya banyak sekali petani salak bahkan bapak saya petani salak, saya mo nyang lok membuat keripik salak apa ajah yang diperlukan???/???
    buat bahan bakar vakum frying nyah????

  27. Wah saya juga produksi tuh, tapi bahan bakunya sulit, kalau di malang adakah yang siap mensuplai bahan baku

  28. saya punya tanaman salak pondoh 2 Ha, umur 4 th dan sudah produksi.jika ada kawan yang mau kerjasama untuk buat keripik salak saya siapkan bahan bakunya.saya punya pasar keripiknya di daerah batam

  29. fata asa prasada

    salam…bisa adapt biji salak dimana?? saya perlu sekitar 3 kwintal,,hub ke no.ini 087837255877,,terimakasih

  30. annisa febrianita

    subhanalloh, akhi. jadi bisnis kripik salak sekarang kah?

  31. pengen buat kripik salak dehhh. . .tapi gak punya alat.nya. . .hehehehehehee😀

  32. yang membutuhkan info seputar mesin keripik buah

  33. info seputar mesin pembuat keripik buah silahkan mampir ke http://www.maksimindomesin.com/

  1. Ping-balik: keripik salak « Anahidayah’s Weblog

  2. Ping-balik: BACALAH « 3bersahabat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: