Sombong VS Percaya Diri

Orang yang percaya diri biasanya mudah bergaul dengan orang lain. Sedangkan orang sombong biasanya malas didekati oleh siapapun. Pasalnya banyak orang yang bingung sebenarnya posisinya ada dimana. Berikut perbedaan antara orang sombong dan orang percaya diri:

  1. Orang sombong menganggap dirinya lebih tinggi dari orang lain. Sedangkan orang percaya diri percaya bahwa dirinya memiliki keunikan dan talenta sebagaimana yang dianugerahkan berbeda kepada setiap orang.
  2. Orang sombong seolah selalu tahu apa yang paling baik untuk orang lain. Sedangkan orang yang percaya diri selalu terbuka tentang pendapatnya terhadap orang lain.
  3. Orang sombong biasanya tajam terhadap orang yang ia lihat sebagai saingan. Orang percaya diri sudah lahir dengan kemampuan untuk bersaing.
  4. Orang sombong sulit dan bahkan tidak pernah mengakui kesalahan mereka. Orang percaya diri tidak takut untuk mengaku bahwa ia melakukan kesalahan.
  5. Orang sombong biasanya suka jika orang lain melakukan kesalahan sedang mereka yang percaya diri suka membantu orang menghadapi kesalahan yang mereka buat.
  6. Orang sombong biasanya sangat peduli dengan pendapat orang lain terhadap dirinya. Sedangkan orang percaya diri tidak terlalu peduli dengan pendapat orang lain terhadap dirinya.
  7. Orang sombong biasanya suka membanggakan dirinya, sedangkan mereka yang percaya diri cenderung diam.

Sombongkah atau percaya dirikah Anda?

Posted on 22 Februari 2008, in Renungan and tagged , , , . Bookmark the permalink. 45 Komentar.

  1. Yang pantas sombong didunia ini hanya Allah SWT!!

  2. betul mas, jubah kesombongan hanya milik Allah subhanahu wa ta’ala, tidak diberikan kepada selainNya.
    makasih sudah berkunjung…

  3. Aye juge berpendapet seperti entuh donx!dont sombong ye…..teverivimavakavasivih!

  4. semoga kita terhindar dari perbuatan dan sifat sombong..

  5. Ingat….!!!!!!!!!!!!!!
    semua yang ada di dunia hanyalah titipan.
    wajah yang cantik,tampan,harta yang melimpah.
    semua ini akan musnah.
    jadi, gak ada yang pantas untuk di sombongi.
    malah bila semakin dipertahankan semkin sulit tetap abadi,
    karena semuanya akan hilang dengan sendirinya.
    oooookkkkkeeeeyyyyyy……

  6. Ya, bagus.
    Sebenarnya, kurang percaya diri merupakan dampak dari buruknya konsep diri. Jika konsep diri seseorang positif, percaya diri akan terbentuk dengan otomatis.
    Ada buku yang bagus tentang mengatur konsep diri kita agar selalu positif -dus, hasilnya kita jadi pede juga. Silakan lihat, review Change to be Super di sini

  7. Wah kang, poin no. 6 bukannya bagus tuh? Selalu peduli pendapat org lain kpd dirinya, kayak introspeksi gitu kan? (culun mode ON)

  8. @rismaka
    bukan introspeksi, maksudnya orang sombong itu biasanya akan senang bila mendengar pendapat yang baik tentang dirinya, dan jengkel bila mendengar pendapat buruk tentang dirinya. beda sama orang percaya diri, mau dikatakan baik atau buruk, dia tidak peduli. gitu… cmiiw

  9. Saya rasa ga ada alasan untuk kita bersifat sombong, Karna sejenius apapun, sekaya apapun, pasti masih ada yang lebih kaya darinya yaitu yang menciptakannya?………Allah. That way stop rasa Sombong ? ga ada Gunanya hanya akan menyksa dirimu sendiri

  10. Apakah sikap Percaya Diri dapat di program ? Barangkali artikel artikel berikut berguna >> Percaya Diri

  11. yups segala sesuatu ada porsinya, setiap kita punya peran masing-masing, gimana bisa sombong kalo pentingnya peran diri sendri itu tak bs lepas dari peran orang lain. so berlomba-lomba melakukan yang terbaik, bukan disombongkan tapi untuk dihargai..

  12. kesombongan itu berarti menyiksa diri sendri..

  13. saya setuju….
    tulisan anda saya jadikan referensi karya ilmiah saya…
    terima kasih….

  14. @raditya
    maaf mas, tulisan di atas bukan saya yang buat. saya cuma copas dari teman. terima kasih juga.

  15. Banyak orang bingung bagaimana caranya untuk mendapatkan kepercayaan diri 100% dalam segala hal. Kalau Anda bertanya cara apa yang terbaik untuk memunculkan kepercayaan diri? Saya akan jawab: HIPNOTERAPI.

  16. Yeb……….
    Benar bangat itu,
    Tidak ada oarang yang pantas untuk sombong keciali Allah dan percaya diri itu emang harus ada cz percaya diri dapat memberi motivasi untuk berfikir kalau kita bisa dan kita mampu serta optimis.

  17. ” Orang sombong biasanya sangat peduli dengan pendapat orang lain terhadap dirinya. Sedangkan orang percaya diri tidak terlalu peduli dengan pendapat orang lain terhadap dirinya ”

    wah…gak kebalik tu mas ?
    bukankah justru orang sombong yang gak terlalu peduli dengan pendapat orang lain terhadap dirinya ?

    kita kan butuh koreksi atau pendapat orang lain terhadap diri kita tuk menjadi lebih tampil percaya diri, maaf jika saya salah !

    salam kenal…

    -peace-

  18. aku apa ya….?
    percaya diri donk.

  19. kita tidak sepantasnya menyombongkan diri kita

  20. kesombongan gak ada artinya,karena kesempurnaan hanya lah miliknya.segala yang ada didunia ini hanyalah fana n titipan,jadi jangan lah kia merasa congkak sesungguhnya orang yang merasa rendah diri adalah orang2 yang beruntung.

  21. thx dh ketemu jwbannya tentang aq…hi.hi.bener orang sombomg tempatnya di gurun sahara

  22. waaaah,
    inini.
    sip sip!

    gw setujuan,
    emang bener.
    ngapain sih sombong?
    capek tau jadi orang sombong itu.
    nyusahin diri sendiri.

  23. woi,.. klo copas kasih sumbernya.. mirip bgt sm tulisan gw…ckckckck

  24. Tapi lebih baik sombong daripada rendah diri….!!! Mnrut aq lebih baik sombong dulu baru introspeksi diri sedikit demi sedikit supaya bisa percaya diri.

  25. tapi jarak antara percaya diri dan sombong itu sangat tipis lho….. gmn dong??

  26. aku beruntung bisa ketemu artikel kayak gini,, mateeep banget! tapi,, aku boleh copy ga ya?😀

  27. sy pkir orang smbng mnnjukkan keangkuhannya trhdp ssma insan..jauhilh sft sprti itu…

  28. mudah-mudahan kita dijauhkan dari sikap sombong dan bisa menjadi orang yang percaya diri,,, amin

  29. jeffry pandapotan tampuboon

    thx,aq jd sadar kalau selama ini aq adlh org yg t’msk SOMBONG setelah membaca Artikel di atas..
    Aq ingin merubah sifat sombongKu.Doakan yaA..😉

  30. catur sulistyowati

    ga ada yang patut kita sombongin di dalam diri kita…
    yang boleh sombong itu hanya Allah…

  31. Bagus tuh menurutku sangat memberi arahan kejalan yang menganggap dirinya lebih dari segala2nya.masalahnya aq jg ngerasa lebih baik selama ini.tapi apa itu bukan termasuk rasa percaya diri yg berlebihan?tolong jg dong..jawabanya!

  32. Artikel yang bagus !

    Barangkali informasi mengenai tidak percaya diri berikut, juga berguna bagi rekan rekan yang memerlukannya. Klik -> Tidak Percaya Diri ?

  33. mari kita tanamkan dan kembangkan nilai percaya diri sedini mungkin

  34. Setelah bca artikel anda, aku merasa ternyata slama ini adalah orang sombong.
    Thx semoga kesombongan ku bsa berubah setelah membaca artikel anda.

  35. segala sesuatu yg disombongkan,g da 1 pun yg akn kekal abadi.cpt/lmbt pst akn musnah jua.btl g si?

  36. tlng bnt aku,agr bs percaya diri.krn aku sll mrs dirndhkan bgt oleh rekan krj,jd gmpng bgt tersinggung😦

  1. Ping-balik: Cepotnyunyu’s Blog

  2. Ping-balik: BACALAH « 3bersahabat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: