Personality Test

Ada tes yang saya pikir menarik untuk dicoba, saya ambil dari milis. Pilih sebuah bentuk dibawah ini yang paling kamu senangi lalu baca kepribadianmu dibawahnya.

Seorang psikologis mengembangkan bentuk-bentuk ini, yang telah diuji secara luas di dunia selama beberapa tahun. Warna warnanya telah mengalami perbaikan dan diuji lagi sampai didapatkan satu set bentuk yang terbaik. Bentuk-bentuk ini mewakili sembilan tipe kepribadian dasar.

Gambar01Gambar02Gambar03Gambar04Gambar05Gambar06Gambar07Gambar08Gambar09

Berikut adalah jawabannya.

Gambar011. Introspektif, sensitif, reflektif

Kamu lebih sering dan fokus terhadap diri dan lingkungan sendiri daripada berinteraksi dengan orang lain. Kamu membenci kedangkalan, lebih senang menyendiri daripada terluka karena bisikan orang. Tapi hubunganmu dengan teman-temanmu sangat intensif, yang memberikanmu ketenangan dan keserasian yang kamu butuhkan untuk merasa baik. Bagaimanapun itu bukan masalah bagimu untuk menyendiri untuk beberapa waktu tanpa menjadi bosan.

Gambar022. Mandiri, tidak biasa (tidak konvensional), tak tertekang

Kamu menginginkan kebebasan dan ketidakterikatan hidup yang membiarkanmu menentukan jalan kamu sendiri. Kamu memiliki bakat artistik dalam kerjaanmu dan aktifitas luangmu. Desakan untuk bebas kadang menyebabkan kamu melakukan perbuatan yang sangat berlawanan dengan apa yang kamu inginkan. Gaya hidupmu sangat individual. Kamu tidak akan meniru secara buta apa yang sedang “in”, disisi lain kamu mencari kehidupan yang sesuai dengan cita cita dan dan pendirianmu, bahkan bila harus berenang melawan pasang.

Gambar033. Dinamis, aktif, mementingkan hal-hal lahir

Kamu sungguh berkeinginan untuk menerima beberapa resiko dan berkomitmen kuat dalam menukar ketertarikan dan pekerjaan yang bervariasi. Rutin, berlawanan, cenderung berefek melumpuhkanmu. Apa yang paling kamu sukai adalah bisa memainkan peran dalam banyak bidang.Dalam melakukannya, inisiatifmu lebih kuat.

Gambar044. Bersahaja, sangat teguh pendirian, harmonis

Kamu menghargai gaya dan cinta alami yang tidak rumit. Orang mengagumimu karena kamu memiliki kemampuan bertahan kuat dan mereka bergantung padamu. Kamu memberikannya pada orang yang dekat perlindungan dan jarak. Kamu merasa hangat dan manusiawi. Kamu menolak segala sesuatu yang mencolok dan usang. Kamu cenderung ragu pada tingkah/perubahan trend mode. Bagimu pakaian harus praktis dan bagus yang tidak menonjol.

Gambar055. Profesional, pragmatis, percaya diri

Kamu bertanggung jawab pada hidupmu, meletakkan lebih kecil keberuntunganmu dan lebih kepada perbuatanmu sendiri.Kamu memecahkan masalah dengan tindakan yang praktis dan tidak rumit. Kamu memandang secara realistis sesuatu dalam hidupmu dan menanganinya dengan baik. Kamu diberi tanggung jawab yang besar dalam pekerjaan, karena orang tahu bahwa kamu dapat diandalkan. Kekuatan tegasmu terhadap kemauan akan memproyeksikan keyakinanmu terhadap orang lain. Kamu tidak akan pernah benar-benar merasa puas sampai semua cita-citamu.

Gambar066. Tenang/damai , bijaksana, tidak agresif

Kamu menanggap hidup mudah karena bijaksana. Kamu mendapatkan teman tanpa kesukaran karena menikmati keprifasianmu dan kemandirianmu. Kamu sering menjauh darinya dan menyendiri dari waktu ke waktu untuk merenungi arti kehidupan dan menikmati sendiri. Kamu membutuhkan tempat untuk persembunyian yang indah, tapi kamu tidak seoarang penyendiri. Kamu tenang terhadap diri sendiri dan dunia, dan menghargai hidup dan apa yang dunia tawarkan.

Gambar077. Riang, suka bermain/melucu, menyenangkan

Kamu menyukai kehidupan yang bebas dan spontan. Dan kamu berusaha menikmatinya secara penuh karena memegang moto ” Kamu hanya hidup sekali. Keingin tahuanmu besar dan terbuka terhadap segala sesuatu yang baru, kamu berkembang dengan perubahan. Kamu menganggap lingkunganmu serbaguna dan selalau memberikan kejutan.

Gambar088. Romantis, pemimpi, emosional

Kamu sangat sensitif. Kamu menolak melihat sesuatu dari sudut pandang kesederhanaan dan tasionalitas. Apa yang perasaanmu katakan sangat penting untukmu. Kenyataanya, Kamu merasa penting untuk memiliki mimpi-mimpi dalam hidup. Kamu menolak orang yang mencemoohkan romantisme dan hanya dikendalikan oleh rasionalitas. Kamu menolak utnuk membiarkan sesuatu membatasi keragaman kekayaan mood dan emosimu.

Gambar099. Analitis, terpercaya, percaya diri

Senstifitas sebentarmu mewakili kualitas dan ketahanan yang tinggi. Konsekuensinya, kamu suka menyelimuti dirimu dengan “mutiara kecil” yang kamu temukan dimanapun orang lain mengabaikannya. Lalu, budaya sangat mempengaruhi kehidupanmu. Kamu telah temukan kehidupanmu sendiri, yaitu elegan/luwes dan eksklusif, bebas dari pengaruh mode. Idealmu, kamu mendasarkan kehidupanmu, adalah dibudayakan kesenangan. Kamu menilai tingkatan budaya seseorang pada siapa kamu berbicara.

Posted on 2 November 2007, in Unik and tagged , , . Bookmark the permalink. 40 Komentar.

  1. kok saya condong ke gambar nomer 6 ya? tapi kalau dipikir2 ada benarnya juga

  2. Please brother… gimme the link. I think/see that u miss the link.
    Ampe poesing saya. Mo baca semua takut kalau saya tau jawabannya, atau istilahnya “penjabarannya”. Mo ngga baca, koq udah nuduh “mana link-nya”… susah…
    Please ya? Link ke situs personality test ini ya… Saya pingin test juga jee..🙂
    Btw, jika boleh nambah link ttg personality test, coba saja kunjungilah situs http://www.mypersonality.info.
    Saya udah test di sana.
    Salam kenal…🙂

    NB: bila berkenan, mampir ke blog saya, di wordpress juga. Atau ke profile saya di situs mypersonality tersebut. Nama URL bagian depannya sama semua dg ID saya di comment ini. Thanks in advance

  3. mas hyorinmaru…saya juga ngambilnya dari milis kok entah siapa yang kali pertama buat. so saya tidak punya linknya, maaf ya….

    salam kenal juga mas.

  4. Wah, orang Djogja ya…🙂
    Sama, saya juga kuliah di Djogja (dulu). Kota yang ngangeni
    Btw, ada bbrp salah ketik mas, nomor 4 yang agak membingungkan; mustinya bukan “bertanan”… Kira-kira “bertahan”, ya?
    Oya, ini OOT… Malam ini saya ingin edit salah 1 halaman blog saya; di Dashboard, menu Kelola, sub menu Tulisan. Koq aneh… di bagian droplist yang berisi nama-nama bulan. Koq deskripsi di atasnya tuh tertulis “Mulut…” Apaan tuh?😐 Duh…
    WP lagi dikerjain ama orang ya?😮
    Saya memang memakai menu bahasa Indonesia…😉

  5. Huah, dapet link ke situs yang mengulas gambar-gambar ini…😀 Tadi sempat googling sebentar, dia nongol di top three results koq…🙂
    Ini linknya: http://www.cs.ucr.edu/~chua/test/test.html

  6. reply no.4:

    wah saya bukan orang jogja mas, saya asline cirebon. di jogja cuma numpang kuliah kok. wah emange dulu kuliah di mana mas?. bener mas jogja emang ngangeni…

    hmmm..oke saya betulin, kayaknya memang gitu🙂 (hehehe…ketahuan copas). mulut? dari sononya emang gitu mas, mungkin translet ke bhs indonesia gak ada padanan kata yg sesuai/tepat, paling tepat ya mulut itu. saya juga pake menu bhs indonesia kok.

    reply no.5:

    hehehe… selamat deh mas

    reply no.6:

    matur tengkyu mas,

  7. Maksud saya, mahasiswa Djogja juga toh, gitu…🙂 Saya dulu tu kuliah di STMiK aKaKom; itu tuh, di daerah Janti (fly over Janti). Baru juga wisuda April sebelum gempa Djogja dulu itu, setelah 10 tahun kuliah. Hahaha…😀 Otak udang sich.😐
    Ttg terjemahan “mulut” itu, saya kira WP dijebol ma cracker ato gmn…😉
    Untung dari Pacitan sini Djogja bisa ditempuh 2,5 jam…😉

  8. klo mase otak udang lahh saya otak apa?🙂

    tentang mulut, mungkin dari sananya begitu, klo memang ingin di hack mestinya yg dijebol bukan sekedar mengubah kata2nya saja

    oh orang pacitan ya, kapan2 main ke jogja ya….

  9. Jelas otak manusia tho😉
    Saya cuma kerja aja yang di Pacitan. Biasanya sebulan sekali ke Djogja. Ntar jika ke Djogja saya kabari insya Allah🙂 Btw, bulan ini tak ada rencana ke Djogja (hemat dana:mrgreen: nih).

  10. oh iya ya hehehe…

    so orang mana toh mas? betul mas kita harus hemat apalagi masih muda buat biaya nikah🙂

    syukron, makasih ya sudah main2 ke blog saya……..

  11. Saya asli Madiun, Jatim.
    Btw…

    …apalagi masih muda buat biaya nikah

    jazakallah mengingatkan saya akan agenda “penting” ini. Suka sok lupa…:mrgreen:

  12. Ooooo madiun toh…

    Hehehe… lupanya segera dibuang mas, nanti menyesal lho (maksudnya jadi bujang lapuk):mrgreen:

  13. Ah, inget istilah “lapuk” itu jadi inget film “Bujang Lapuk”… Ini film keluaran Malaysia, ratoesan tahoen jang laloe:mrgreen:
    Emang film lama, masih black ‘n white, asli lucuu…😀
    Ya ya ya… saya buang nich sekarang (krn emang pas sedang inget). Ntar (di)lupain lagi…:mrgreen:
    Capee’ dech…

  14. @hyorinmaru:12
    …jazakallah mengingatkan saya akan agenda “penting” ini. Suka sok lupa…:mrgreen:

    hahaha……

    @.:: Herr’s Weblog ::.
    lam kenal …

  15. salam kenal juga mas, antum ini teman akrabnya hyorinmaru ya?

  16. …antum ini teman akrabnya hyorinmaru ya?

    Ya, benar. Tiap kali ke Jogja saya nginep di kost akh Dodoy ini mas…:mrgreen:
    Hm, kapan ya ke Jogja lagi… Pekan depan kali ya…😉

  17. oooo, jogjanya di mana mas?

  18. …jogjanya di mana…

    Ituu… di Janti. Selatan STMIK aKaKom, skitar masjid ar-Rahiim, utara dkit dr SPBU blok O Janti😉
    Wah, saya malah lupa nama desanya…😐 Piye tho kiy…

  19. Pilih no 1, mirip-mirip juga kali ya:mrgreen:

  20. @ Olive-chan…
    Halah, jangan-jangan udah baca dulu deskripsinya😛
    Hehehe…. *mode nuduh ON*

  21. @Hyo-san
    Eh…beneran lho…. (jujur on:mrgreen: )
    Kalau yang tahu siapa diriku, mungkin membenarkan😕
    Kalo yang punya blog, ya ga tahu🙂

  22. Lupa yg mana… udah lama bgt sih.
    Klo ga salah, no. 6
    Tp itu pun… ga sepenuhnya jg. So?❓

  23. Tadinya sih no.1 tapi setelah lihat yg no.6 malah lebih condong ke no.6

    @olivolie
    tanya aja ama ortu mbak, yg lebih tahu diri kita kan ortu🙂

  24. Ternyata mas herr juga no 6. Hm….
    IMO : ada kesamaan suka menyendiri/tidak menyukai keramaian.
    SO…. kalo kita berada di satu kota, pasti ga bakalan ketemu coz sama -sama mengasingkan diri:mrgreen:

  25. IMO :
    Selain kita sendiri yang tahu siapa diri kita, pihak luar juga memegang peranan penting terutama orang-orang terdekat.
    Tapi saya rasa tidak dapat hanya satu pihak yang tahu. Tapi bisa beberapa pihak. Coz, kadang sikap / perilaku kita biasanya ada sedikit perbedaan dalam beberapa lingkungan. Sehingga ortu juga bisa jadi tidak sepenuhnya tahu siapa kita.
    Misal : kadang atau mungkin pada sebagian orang, sikapnya antara di lingkungan keluarga sedikit berbeda dengan di lingkungan luar (teman-teman atau lingkungan kerja). Bisa saja di rumah orangnya pendiam, tapi di lingkungan teman-temannya dia orang yang jago humor atau ceriwis.
    Intinya, kalo mau kenal lebih dalam, tanyakan apa kekurangan kita kepada orang-orang terdekat. Kita juga bisa tahu siapa kita melalui penilaian orang lain🙂

    CMIIW😉

  26. “Tadinya sih no.1 tapi setelah lihat yg no.6 malah lebih condong ke no.6”

    Jujur🙂 yang saya lihat pertama adalah gambarnya. Setelah saya pilih yang saya suka baru saya cocokkan dengan keterangannya dan didapat nomor 1.
    Kalau lihat beberapa jawaban aja tanpa gambar sih, saya tentu pilih yang no 6 juga mungkin:mrgreen:

  27. @ Olive-chan;

    …kalo kita berada di satu kota, pasti ga bakalan ketemu coz sama -sama mengasingkan diri:mrgreen:

    Mm, ga juga; orang yg suka sendiri (penyediri) atau yg ga suka ama keramaian bukan berarti gitu…
    Mungkin artine: cm punya sedikit teman (ntah karena pemilih, atau ya karena kuper, atau dua-duanya).
    Tp saya tau, Olive-chan cuma bercanda… Iya kan😉

  28. Oya, jika kita “sejenis” mungkin malah cocok…
    Btw, jadi inget obrolan saya ama salah satu SO.. “kecocokan itu krn soal identik atau kontras?” Hehe…:mrgreen:

  29. Si Olive itu kan emang suk canda

  30. @mbak olive
    Sedikit tambahan dari saya, memang ada sebagian dari kita yang lebih akrab dengan teman-temannya dibandingkan dengan keluarga terutama kedua orang tuanya, sehingga pendapat teman lebih diterimanya daripada ortunya. Namun kita tidak boleh lupa bahwa ortu adalah orang yang telah melahirkan dan membesarkan kita, sehingga yang lebih tahu dan mengerti watak kita adalah ortu kita sendiri. Apalagi kita sudah dewasa begini, tentu mereka paham bahkan hafal sifat-sifat kita. Menurut yang saya ketahui, watak anak adalah percampuran antara watak bapak dan ibunya. Klo ingin tahu seperti apa sih kita, ya perhatikan aja watak/sifat ortu. CMIIW

    @mas hyorinmaru
    Orang dengan type penyendiri itu bukan berarti nggak punya banyak teman. Teman sih banyak tapi dia lebih enjoy/nyaman dengan kesendiriannya. Contohnya ketika ngumpul bareng dengan teman-temannya, hati dia merasa nggak tenang. Pas dah bubar baru dia tenang. CMIIW lg🙂

  31. he..he.. mungkin kemaren kurang detail
    Ada yang kurang ditambahkan : itu tergantung kedekatan hubungan sosial seseorang di lingkungannya, termasuk terhadap ortunya. Bukankah ada orang tua yang tidak mengenal pribadi anaknya ? karena faktor kesibukan dan ini sering terjadi di daerah perkotaan🙂

    “sehingga pendapat teman lebih diterimanya daripada ortunya”
    kembali kepada faktor “kedekatan”🙂

    Sebagai klarifikasi :
    Umumnya, ortu tentu dapat menilai siapa anaknya. Teman dekat juga bisa menilai gimana pribadi temannya. Jadi tentu ada beberapa pihak yang tahu siapa diri kita. Dan bisa jadi yang lebih mengetahui adalah orang tua.😉

  32. Wah, kok gambar yang saya pilih malah gak kena tuh ma kepribadian saya?

  33. namanya juga test mbak kadang tepat kadang benar kadang salah, atu mbak sudah lihat jawabannya duluan jadi nggak berhasil??

  34. Udah coba sekali lagi nih, hasilnya malah lebih aneh. Di poin penjelsan singkat gambar malah bertolak belakang, tapi isi dari penjelasan gambar ada kena-kena dikiiit lah…
    Yang benar2 pas ma saya adalah dari hasil test Personality Plus (isi bukunya bhs indo kok, karangan Florence Littaeur, penerbit Binarupa Aksara). Pernah baca Mas?

  35. memang sih mbak, klo kita ngetes kepribadian hanya perlu sekali saja karena tes yang pertama itu lah yang menentukan sifat kita, klo yg berikutnya kurang menggambarkan apalagi kalau pertanyaan dan jawabannya sudah kita hafal. tapi gak sepenuhnya kita percayai gitu aja, intinya yg tahu sifat kita ya kita sendiri.

    belum pernah baca mbak, ntar deh saya lihat2 di toko buku barangkali ada, baguskah bukunya?

  36. pertama ngeliat gambar2 ntu… langsung suka nyang no.7
    tapi setelah liat semuanya, suka 3 gmabar euy! boleh pilih lebih dari satu ga?

    (hehehe)

  37. weh ada yg kenalan dmari….kikikki

  38. You used to search for coupons and clip them out with a pair of scissors and clipping was tiresome job back
    then. If you have purchased a used option, you’ll most likely want to call in tractor services so that you can get help fixing any issues that might be lingering within the machine. Source: Stream Cliff Herb Farm Tearoom and Winery News 2009.

  1. Ping-balik: BACALAH « 3bersahabat

Tinggalkan Balasan

