Apakah Karakter Sesorang Bisa Dibaca dari Golongan Darahnya?

Beberapa hari yang lalu saya membaca sebuah buku yang berjudul ‘Membaca Karakter Melalui Golongan Darah’ yang dikarang oleh orang Jepang bernama Toshitaka Nomi. Buku tersebut memaparkan hasil riset penulis yang meneruskan riset ayahnya tentang hubungan antara karakter manusia dengan golongan darahnya. Di negaranya sendiri telah dilakukan riset besar-besaran yang konon melibatkan tidak kurang dari dari 10.000 responden. Jumlah yang cukup untuk menyimpulkan bahwa penelitian ini benar-benar dapat dipercaya. Tidak heran kemudian banyak perusahaan Jepang memakai hasil penelitian tersebut untuk seleksi masuk ke perusahaannya.

Golongan Darah ABOLalu maksud karakter itu sendiri apa? Apakah sama dengan sifat atau bagaimana? Dalam bukunya, Toshitaka Nomi mendefinisikan karakter sebagai berikut: Karakter adalah sesuatu yang biasanya tampak di luar sadar, dapat juga dikatakan karakteristik yang membedakan kecenderungan tindakan dan juga ekspresi yang keluar secara mudahnya. Dia menyimpulkan bahwa karakter yang dimiliki manusia itu dapat berubah, tentunya dengan usaha dan membiasakannya. Berikut pembagian karakter-karakter manusia menurut golongan darahnya.

→ Karakter yang dimiliki orang bergolongan darah O:

  1. Dengan kepribadiannya, dia memiliki ekspresi diri yang berlebihan.
  2. Kalau dia sudah menentukan sebuah sasaran, dia akan bergerak maju ke arahnya.
  3. Orientasi yang kuat terhadap otoritas.
  4. Orangnya terbuka dan ceria, memiliki cara berfikir logis yang sangat jelas, sedikit straight to the point.
  5. Memiliki dua sisi, yaitu berpikir berdasarkan relita dan romantis.
  6. Keinginan yang kuat untuk bebas, sangat bersemangat dalam kehidupan.
  7. Emosinya bersifat stabil, sederhana sehingga apa yang telah terjadi tidak pernah meninggalkan efek yang lama.
  8. Menjunjung tinggi norma-norma kehidupan.
  9. Mengharapkan untuk dapat memiliki hubungan berdasarkan kepercayaan yang kuat.
  10. Terhadap teman-teman yang baru, mereka biasanya sangat peduli/perhatian, benar-benar baik hati.
  11. Terhadap orang yang tidak dikenal maupun orang-orang selain teman-temannya, mereka sangat berhati-hati.
  12. Sangat suka mengajar/memberitahu orang lain, tapi apabila mereka yang diberi tahu/diajar, mereka tidak suka.

Karakter yang dimiliki orang bergolongan darah A:

  1. Luar dan dalam, dua buah sifat karakter yang saling bertolak belakang dimiliki orang yang bergolongan darah A.
  2. Mengharapkan perubahan dari keadaan yang sekarang. Menginginkan kehidupan yang stabil dan damai.
  3. Benar-benar perhatian terhadap sekitar dan hal-hal yang kecil sekalipun.
  4. Punya tingkat kerja sama yang tinggi, tidak akan mengganggu kenyamanan kelompok.
  5. Menghargai metode maupun hal-hal yang bersifat ritual, menganggap penting prinsip, dan senantiasa ingin berjalan sesuai denganjalan/plot yang sudah umum.
  6. Senantiasa berasosiasi dengan sikap konvensional, namun tidak mudah membuka hati.
  7. Upaya yang berkesinambungan, dapat bertahan terhadap rasa sakit secara jasmaniah.
  8. Selalu melakukan segala sesuatu dengan sangat teliti, sangat berhati-hati, perfeksionis.
  9. Mengontrol ekspresi dirinya, namun di dalamnya ada suatu keinginan membara.
  10. Akan memberikan yang terbaik dan juga mendedikasikan dirinya pada orang-orang yang bisa mengerti, dan juga menganggap penting akan dirinya.
  11. Pesimis terhadap masa depan.

Karakter yang dimiliki orang bergolongan darah B:

  1. Tidak peduli dengan keadaan sekitar, bersikap my pace (maunya sendiri).
  2. Mengharapkan banyak kebebasan.
  3. Benar-benar tidak menyukai regulasi maupun ikatan.
  4. Tidak terlalu menganggap peraturan dan metode/urutan, tidak terlalu melekat kepada bentuk-bentuk adat sehingga ada kecenderungan mereka terlihat seperti orang-orang yang tidak konvensional.
  5. Tidak menyukai bentuk salam yang cuma basa-basi, kadang terlihat kurang ramah, kadang benar-benar ramah.
  6. Cepat dalam mengambil keputusan, memiliki pemikiran yang fleksibel.
  7. Punya banyak sekali ide, sangat tertarik pada sesuatu.
  8. Hanya bergerak pada apa yang menjadi minatnya sehingga mereka memiliki kemampuan bertindak.
  9. Dalam segala hal kurang memberikan perbedaan.
  10. Memiliki sifat kemanusiaan yang melimpah, sangat ceria dan bersahabat, mudah untuk bisa menjadi teman dekat.
  11. Memiliki gejolak emosi yang besar, temperamental.
  12. Bersikap optimis terhadap masa depan, senantiasa melihat kearah depan.

Karakter yang dimiliki orang bergolongan darah AB:

  1. Sangat irasional, mendambakan kehidupan di mana dia bisa berguna bagi masyarakat.
  2. Cara melihat sesuatu sangat objektif, bersikap kritis, unggul dalam hal analisis, cocok sebagai komentator.
  3. Tidak terlalu ‘ngoyo’ dalam hidup, bersikap biasa saja terhadap keinginannya.
  4. Pecinta kedamaian, paling tidak suka terlibat pertikaian individual.
  5. Kelompok orang bijak yang membenci orang munafik dan juga orang bermuka dua.
  6. Karena memiliki keinginan kuat untuk berpartisipasi terhadap masyarakat sosial, dan juga memiliki jiwa melayani, mereka mengharapkan untuk bisa memiliki peran serta di masyarakat.
  7. Hidup rukun dengan sekitar, bisa bersosialisasi dengan baik.
  8. Bersikap adil dengan pasangan, memperlakukan dengan lembut,senantiasa memberikan sedikit jarak.
  9. Tidak bisa berkata tidak pada saat diminta tolong sesuatu olehorang lain.
  10. Ada kebiasaan berimajinasi, memiliki hobi yang bersifat fantasi (seperti negeri dongeng).

Jujur saja sebelum saya membaca buku ini, saya lupa atau bisa dikatakan tidak tahu golongan darah saya apa. Seingat saya dulu pertama kali diperiksa golongan darahnya pada waktu SD (terakhir juga mungkin), buktinya pun hilang entah kemana. Nah setelah baca buku ini terutama bagian point-point karakter setiap golongan darah di atas, saya lebih condong ke golongan darah AB dibandingkan lainnya, terlihat dari berapa point yang mirip karakter saya. Kalau diurutkan golongan darah AB, A, B, kemudian O. Beberapa hari kemudian saya periksa golongan darah saya di rumah sakit. Dan ternyata hasilnya memang AB. Cocok! Apakah itu artinya golongan darah seseorang bisa membaca karakternya? Wallahu ‘alam.

About these ads

Posted on 30 Juli 2009, in Informasi, Review and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 48 Komentar.

  1. antar golongan darah kurang bisa dibandingkan niy, jd bingung lebih cocok yg mana…

  2. udah saya balas di Twitter, Akh :)

  3. sing golongane darah biru ga ono yo oom??? :mrgreen:

  4. reting’e bagus sekali… :p

  5. subhanallah,, saya kagum terhadap kebesaran Allah…

    bangga terhadap ya akhi…

    syukron..
    jazakallah khoir

  6. yahh kalo begitu berarti banyak yg sama donk…

  7. hmm, golongan saya A (udah tau kan her, kita kan priksa bareng),.. tapi kurang sesuai dengan poin nomer 8 untuk gol darah bersangkutan. Ane orangnya kurang teliti (untuk banyak hal, tapi cukup teliti untuk sedikit hal), dan jauh dari sikap perfeksionis.
    Kalau metode penelitiannya ini menggunakan statistik berarti karakter orang seperti saya mungkin menghasilkan deviasi yg terbesar dari data2 yg tuan toshitaka, hehehe…

    Jazakallah khairan, postingannya bagus, afwan baru komen sekarang :mrgreen:

  8. huaduh, aq klalen je golongan darahku apa. kayane A lho. sebabe Aku Apik. hehehehe
    tapi kayane pancen A lho. soale poin no 2 cocok kuwe “Mengharapkan perubahan dari keadaan yang sekarang. Menginginkan kehidupan yang stabil dan damai.”

  9. wah selamat ya. jadi salah satu pemenang kontes review alnect computer. meskipun belum mendapatkan hadiah sesuai harapan setidaknya dari kemenangan ini bisa menjadi penyemangat, menjadi pembakar, menjadi cambuk untuk meningkatkan kreatifitas dan kualitas tulisan/review. untuk menghadapi kontes alnect ke2 atau kontes review lainnya. tetap semangat ya.. jangan pernah putus asa..

    ditunggu komentar berkualitasnya dalam tulisan ‘Rumah Impian…’.cheers..

  10. wuahhhh…
    penemuan hebat nih kang. jadi ntar klo nglamar kerja tak perlu lagi tes-tes psikotes yang ngegambar gambar ga jelas tuh. cukup diambil darahnya saja….:P

  11. ih .. hebat yang melakukan riset tersebut ..
    semua point yang dipaparkan bener bangettt .. baik yang jelek maupun yang bagus .. hehehe ..

    Iklan Baris

  12. assalamu’alaykum..
    mau bagi2 pengalaman soal golongan darah..
    gara2 baca buku Thositaka Nomi ini sejak setahun yang lalu jadi hobi nebak golongan darah orang,..walhasil dari sekian banyak eksperimen saya hanya 2x mengalami kegagalan nebak goldar org, itupun karena tidak diteliti lebih ditel jadinya sotoy :mrgreen:
    yah jadi menurut saya karakter menurut golongan darah ini ada benarnya juga,..alhamdulillah sudah bisa saya buktikan :)
    ada yang mau ditebak lagi ? :P

    • wa’alaykumussalam warahmatullah,
      wah sampe segitunya ya hehehe…
      ya pastinya orang yg golongan darahnya kita tebak tsb orang yg sudah kita kenal sebelumnya :)

  13. bagus tejo pramono

    wah waktu interview kemarin saya ditanyain golongan darah. ngefek gak ya?

    ijin copy pak ya? sebagai bahan postingan.

  14. wah kalo untuk nyari istri bisa pengelola blognya pasti bisa dapet istri banyak deh hehehe …

    temannya abu zulfan

  15. Golongan O kayaknya bener banget tuh :lol:

    Nih udah berkunjung ya…. :)

  16. Assalamu’alaikum
    Taqabbalallahu minna wa minkum
    Maaf atas segala salah n khilaf ya…

    Wassalamu’alaikum

    • wa’alaykumussalam warahmatullah wabarakatuh, saya juga mengucapkan: taqabbalallahu minna wa minkum, semoga amal ibadah kita diterima Allah Ta’ala, amiin :)

  17. wah dapat ilmu baru nih pakdhe….maturnuwun

  18. Assalamu’alaykum warahmatullah wabarakatuh
    Saya golongan darah O, wah… betul semua tuh…
    Ternyata golongan darah, bisa membaca karakter orang juga ya.

  19. assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh
    sya bergolongan darah B tapi no 1-4 bkn karakter saya tapi no 5-12 iya saya banget

  20. assalamu’alaikum
    saya AB.., ada yang cocok.., tp d yg nggak juga… :D

  21. annisa febrianita

    assalamualaikum

    Subhanalloh, ada2 saja akhi. artikelnya cukup menarik ditambah lagi dgn komen2 yang membuatku tersenyum…

    tetap berkarya akhi.

  22. alhamdulillah, ane juga nerasakan apa yang telah diteliti tersebut benar – benar muantap !!!

  23. Terima kasih ya untuk reviewnya…

    Saya Holy, dari Human Science ABO Center, yang menerjemahkan buku tersebut.

    Saat ini, jumlah data kami sudah ratusan ribu dengan sample data dari utara Jepang sampai selatan, Korea dan juga di Indonesia.

    Untuk teman-teman yang ingin membaca tentang penelitian kami di Indonesia, silakan membaca 4 Tipe untuk Talenta Besar yang baru saja terbit.

  24. hebat ,, aku O,, cocoknya cari calon istri yg mana ya? haha

  25. assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh
    sayangx sy blum cek golongan darah sy boz

  26. Sayang aku belum cek darah, belum tahu nich gilongan darah aku.

  27. syukran mas atas infonya. sangt bermanfaat, saya cuma sekali pernah periksa gol darah itupun pas mendaftar masuk universitas. habis itu lupa, cuma saudara kembar saya sering mengingatkan kalau saya lupa. meski saya akhirnya jadi g yakin. A, B, atau, AB. tapi setelah membaca postingan ini, saya g ragu lagi. dan bener banget, kecuali ada beberapa poin yang saya belumpunya kecenderungan yang jelas kesana. subhanallah, ciptaan ALLAH itu ga ada yang bathil, g ada yang sia-sia.

  28. Mahrani Saragih

    numpang tulis pesan y
    kami penjual madu asli 100% dari alam belum ada merk dan blum ada no DepKes
    madu diambil dari hutan Riau-Pekanbaru
    belum dicampur dengan apapun, masih bersifat original
    kami menyediakan madu yg perbotol (botol kecap besar) dan perkilo
    harga perbotol (botol kecap besar) Rp 90.000 (beda Ongkos kirim)
    perkilo Rp 200.000 (beda Ongkos kirim)
    harga bisa nego khusus untuk yg ambil diatas Rp 100.000
    kalau berminat hubungi no
    081376165201
    atau
    087869963190 atas nama rani

    FB: Mahrani Saragih

  29. assalamu’alaikum warokhmatullahi wabarokatu.sukron ya abi atas infonya.afwan ana mau pinjam bukunya. Zajakumullah khoir.

  30. golongan darah saya A, dan kurasa stiap point diatas mendekati dan kurasa ada benarnya, smpy yg kurasa itu hanya kekuranganku jg tertulis pd point ke11 ,,

  31. untuk saat ini, golongan darah dihubungkan dengan karakter memang mungkin-mungkin saja. karena sifat golongan darah yang real. beda dengan zodiak (legenda).

    ya kembali lagi, karakter bisa dirubah :)

  1. Ping-balik: O « maHabbahTedja weBlog™

  2. Ping-balik: BACALAH « 3bersahabat

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 49 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: