Tips Membedakan Madu Asli dan Campuran

Madu palsu atau tiruan adalah larutan yang menyerupai madu. Dibuat tanpa pertolongan lebah atau menggunakan gula sebagai nektar. Umumnya mempunyai warna sama dengan madu asli. Karena itu bagi orang awam sulit untuk membedakan antara madu asli dan madu tiruan. Pada perusahaan-perusahaan yang telah mendapat izin produksi akan mencantumkan keterangan produknya sehingga dapat diketahui apakah itu madu asli atau sintetis. Madu sintetis yang beredar di antaranya adalah madu melon, labu semangka, dan kurma.

Sejak lama madu palsu telah banyak diproduksi orang. Dengan cara mencampur glukosa dengan gula pasir, buah, flavour serta zat warna. Di laboratorium madu palsu akan mudah dikenali dengan analisis kimia. Kandungan HMF (5 hydroxyl-methyl furfural) dengan jumlah maksimum 3mg/100gram, aktivitas enzim diastase minimal 5 serta rasio kandungan kalium (K) dan natrium (Na) dalam madu asli sekitar 4,0 sedangkan madu palsu 0,005-0,1.

Pengujian kadar keaslian madu memang tidak gampang, di samping biayanya juga mahal. Dibutuhkan alat-alat canggih untuk mendeteksi ada tidaknya campuran dengan gula lainnya di dalam madu. Sementara, khasiat madu yang sudah jelas manfaat bagi kesehatan, membuat para pedagang nakal melakukan campuran dengan gula tebu atau gula aren. Bagi orang kebanyakan, rasa manis yang dikeluarkan oleh madu asli dan campuran sulit dibedakan. Dengan melihat dan merasakannya, ahli madu akan dapat membedakan antara madu asli dan yang palsu. Salah satu pengujian yang paling praktis adalah dengan menggunakan pH meter. Madu palsu biasanya memiliki pH 2,4-3,3 atau di atas 5, sedangkan madu asli mempunyai pH 3,4-4,5. Untuk mengetahui lebih lanjut dapat dilakukan uji kandungan madu di laboratorium. Salah satu laboratorium tempat pengujian madu terdapat di Bogor.

Madu di Indonesia sendiri terbagi menjadi dua, yaitu madu hasil lebah ternak dan madu hutan. Yang dimaksud madu ternak adalah madu tersebut diambil dari nektar bunga pohon-pohon tertentu seperti rambutan, kelengkeng, durian dan sebagainya. Ketika pohon-pohon tersebut sedang berbunga, maka digiringlah lebah-lebah yang sudah berada dalam kotak-kotak menuju perkebunan pohon tersebut. Ciri khas dari madu ternak adalah aroma madunya sesuai dengan nektar bunga dari pohon yang dihinggapi.

Sedangkan madu hutan, lebih variatif nektar bunganya karena dihisap dari berbagai pohon. Madu hutan ini dikenal lebih baik karena lebih banyak mengandung nutrisi yang terdiri dari mineral dan vitamin. Jenis tawon madu hutan pun lebih baik daripada tawon madu ternak. Madu terbaik jenis ini tidak akan beku walaupun diletakkan di freezer selama berbulan-bulan karena kadar airnya di bawah 20%.

Kendati demikian, baik madu hutan maupun madu ternak mempunyai kelemahan. Ketika dipanen pada musim hujan madu akan banyak mengandung air hujan, sedangkan sifat air hujan sendiri bersifat asam. Selain menyebabkan lebih cair, madu juga teroksidasi udara menjadi lebih asam dan akan terfermentasi. Akibatnya, timbul gas yang bisa menjebol tutup botolnya. Semut pun tidak mau menghampiri karena rasanya yang masam-masam manis. Bila madu jenis ini dimasukkan ke dalam freezer akan mudah beku, meski termasuk asli.

Sebenarnya, ada beberapa cara untuk mengetahui keaslian madu secara ilmiah. Misalnya dengan analisis karbon, analisis mikroskopis, analysis hydroxymethylfurfural, analisis polaritas cahaya dan terakhir tes keasaman. Dari lima cara tersebut, empat yang pertama harus menggunakan alat bantu yang cukup mahal harganya dan keahlian tertentu. Jadi, tidak semua orang bisa melakukannya. Sedangkan tes keasaman, merupakan tes yang terbilang relatif mudah dan tidak mahal. Tapi, masih tetap memerlukan pengetahuan tentang madu yang mendalam. Jika tidak, tetap akan sulit membedakan mana madu asli, madu campuran, dan madu buatan (artificial honey).

Di masyarakat berkembang kebiasaan uji keaslian madu yang ditunjukkan menyala ketika dibakar dengan korek api, telur bisa matang, tidak rembes ketika diteteskan pada kertas koran, dan sebagainya. Pengujian tersebut sebenarnya tidak seratus persen benar, masih butuh pembuktian melalui laboratorium.

Sebenarnya masih ada cara lain yang bisa menjadi tolok ukur dan dilakukan oleh semua orang, yakni dengan meneteskan madu di air di atas piring beling putih. Ketika piring digoyang ke kiri dan ke kanan, maka sebelum madu itu bercampur akan membentuk segi enam atau sarang lebah. Semakin lama bentuk segi enam itu bertahan, berarti semakin baik nutrisi yang terkandung dalam madu tersebut alias madu asli. Semakin cepat bentuk segi enam itu memudar, maka jelaslah itu madu campuran, karena nutrisinya sudah jauh berkurang.

Cara lain yang mungkin mudah dilakukan adalah sama seperti di atas, namun piringnya tidak digoyang-goyang. Cukup didiamkan saja. Madu asli yang memiliki kadar air rendah tidak akan membuat air di piring menjadi keruh. Sedangkan madu yang telah dicampur atau madu buatan perlahan-lahan akan membuat air menjadi keruh. Apakah semut bisa menjadi patokan untuk menentukan madu itu asli atau tidak? Pada dasarnya, sifat semut suka pada yang manis-manis, termasuk rasa manis yang ada pada madu. Namun, semakin kental madunya (kadar airnya sedikit) semakin sulit bagi semut untuk mendeteksi lokasi rasa manis madu tersebut karena molekul yang ada di dalam madu tetap utuh, tidak pecah. Sebaliknya, bila kadar airnya tinggi (di atas 20%), maka semut mudah menghampiri.

Sumber: Fatawa Vol.III/No.01 | Desember 2006 / Dzulqa’dah 1427

Artikel terkait: Jenis Madu Terbaik di Dunia dan Beberapa Manfaatnya

About these ads

Posted on 8 November 2008, in Tipntrik and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 201 Komentar.

  1. taunya sih pengujian sik pake air.

  2. Wah klo ana siy ngelihatnya dr yg jual tuh madu. Klo yg jual suku badui, berarti insya Allah madu hutan murni.

  3. bahaya tidak klo kita mengkonsumsi madu campuran ini?

  4. hmmmm, tergantung campurannya apa akh. saya pernah liat di tipi, ada orang yang sengaja mencampur madu dengan bahan2 lainnya, bahkan ada bahan kimianya juga. mungkin ini yang bisa membahayakan bagi yang mengonsumsinya. cmiiw

  5. Promosikan artikel anda di http://www.infogue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur-fitur untuk para netter Indonesia. Salam!

    http://kuliner.infogue.com/tips_membedakan_madu_asli_dan_campuran

  6. Kalo yang jual kelihatan nyunnah, insyaallah madu asli…

  7. Info yg bagus. Penjelasan yg enak dibaca.

  8. terima kasih atas infonya ya kang her

  9. kang, perasaan saya belum ijin ke antum untuk mentautkan blog antum ke blog saya deh.
    mohon di ikhlaskan ya….’afwan
    jazakallahu khairan, atas infonya. tapi lidah saya masih belum bisa membedakan mana madu yang asli dan mana madu yang palsu…

  10. salam kenal.

    bagus juga tuh.

    bagi anda yg mau mempublikasikan buku terjemahan gratis kami di situs anda silahkan mampir ke rumah kami di mesir, hehehe

  11. Artikel yang sangat bermanfaat…..
    saya mengajak anda semua untuk berpikir positif….
    Kunjungi http://www.********.co.cc
    baca dan analisa dengan seksama, jangan mabil keputusan sebelum memahaminya dengan baik, dan jangan memberikan komentar sebelum Anda benar benar paham.
    Think Positive !!!!

  12. @mahabbahtedja
    nggak papa akh, saya sih seneng2 aja klo ada yang menautkan link blog saya di blog lain selama content blog tersebut nggak menimbulkan kerusakan.
    waiyyak, semoga bermanfaat.

  13. ehmmm, keknya ahli madu deh …
    btw memang kecurangan spt itu sering dilakukan ..
    keknya perlu dicoba tuh tipsnya biar nggak nyesel beli madu palsu :)

  14. yang enak sih beli langsung dari peternaknya Kang, kan bisa yakin kalo asli ^^..

    • tapi temanku pernah liat peternak madu yang pernah memberi makan gula kepada lebahnya, jadi sekitar sarangnya dilumuri dengan madu, gitu… kayak gitu bagus nggak ya…???

      • Mumpang komen Bro…

        kalo pada musim paceklik untuk lebah ternak biasanya para peternak lebah mengganti netar dengan gula pasir yang di cairkan biasa di sebut sirup, itupun cuma untuk menyambung hidup lebah ternak.!!!

  15. aku pun lihat dr penjualnya.biasanya beli ke bulekku di muntilan sih.insyaallah aman..ada yg mw pesan?hehe…

  16. klo madu hutan asy syifa itu murni ga ya…?
    (yg harganya sekitar 55rb tiap 1 kg)

  17. Subhanallah…
    Sumbernya dari majalah Fatawa :D
    Saya ga tahu apa2 tentang madu… jarang minum :(

  18. Kang herr, no 3 tuh satu jawaban or dua jawaban?

  19. Kang herr, no 3 (teka teki) tuh satu jawaban or dua jawaban?

  20. @rismaka
    satu lah, kan lanjutan dari angka sebelumnya

  21. betul perlu alat yg canggih untuk menguji kadar dan keaslian madu, nggak seperti anggapan byk orang dengan pakai korek api dicelupkan jika madu asli ia masih terbakar, jika dikerubungi semut berarti nggak asli, dll.

    —–
    selain pake alat yg tahu keaslian madu ialah si pedagang madu dan Allah SWT tentunya :)

  22. Yupi…bagus artikelnya. madu yg asli biasanya memiliki kandungan air sebesar 17.4 % (rata-rata – hasil uji internal Lab). dan memang kita bisa mencobanya seperti yg td mas bilang di letakan di piring, kasih air goyang pelan…maka akan terlihat seperti gugus benzene (seperti sarang lebah)

    madu yg sudah terfermentasi tidak baik di konsumsi, jadi berhati-hatilah….hehehe….btw..salam kenal

  23. Tlg infonya,ada ga peternak lebah di Solo&sekitarnya. Jazakumullah khoiron.

  24. @Ummu masyhudi
    afwan, saya nggak tahu

  25. mau nambahin… semoga berkenan
    ada beberapa cara untuk menguji keaslian madu yang berkembang di masyarakat, hampir seluruhnya benar. tetapi hanya mewakili sebagian sifat madu itu sendiri. seperti kalau kita disuruh memegang gajah dengan mata tertutup, ada yang mengatakan gajah itu mirip ular karena kebetulan memegang ekornya. ada yang mengatakan gajah itu mirip pohon karena kebetulan memegang kakinya.
    demikian pula dengan madu.. pengujian dengan dimasukkan dengan air dan digoyang yang kemudian membentuk heksagonal adalah benar, karena demikianlah sifat madu asli. tetapi tidak bisa mewakili karena masih ada bahan makanan lain yang mempunyai sifat yang demikian, misalnya fruktosa dengan kadar air 23% kebawah.
    demikian juga dengan uji telur, koran atau pH. tidak bisa dipastikan karena banyak bahan makanan yang mempunyai sifat serupa dengan yang ditunjukkan.
    kita tidak mungkin mengatakan madu sama dengan cuka karena mempunyai pH yang sama, atau madu sama dengan glukosa karena sama-sama tidak tembus kalau diteteskan dikoran.
    hal yang perlu diperhatikan juga bahwa HMF bukan digunakan untuk menguji keaslian madu. HMF hanya untuk mengetahui apakah madu ini telah melalui proses pemanasan atau tidak. apakah madu ini telah melalui penyimpanan yang lama atau tidak. karena HMF akan bertambah dengan proses pemanasan dan penyimpanan yang lama.
    semut juga tidak menyukai madu yang encer karena proses fermentasi, karena hasil fermentasi berupa asam, alkohol dan karbon dioksida kesemua hasil fermentasi itu tidak disukai semut.
    kristalisasi madu tidak dipengaruhi oleh kadar air, tetapi oleh jenis madu itu sendiri. semisal madu mete yang kadar airnya tidak pernah di atas 20% tetapi tetap mengkristal. demikian juga madu karet dari jawa tengah yang kadang dipanen dengan k.a 25% toh tetap cepat mengkristal.
    banyak dari kita membedakan lebah ternak dan lebah hutan, sebetulnya tidak ada bedanya. tidak ada yang namanya lebah ternak, karena tetap saja mencari makan dengan bebas kemanapun dia mau. seperti halnya tidak ada lebah hutan, karena jika ketersediaan makanan di hutan mulai menipis (mis bulan desember-maret) maka lebah melakan migrasi. so… lebah adalah lebah, hewan liar. kalo mau nyengat.. ya nyengat ga peduli orangnya cewe cantik atau bayi.
    matur nuwun,.. peternak dari malang.

  26. wah…infonya banyak bgd neh yang d’dpt..tp boleh ksh tw lbh rinci g tentang kandungan unsur dlm madu??

    slm kenal y..

    syahna

  27. Madu memang sangat banyak manfaatnya dan banyak juga yg memalsukan. Kebetulan saya berniaga produk madu berkualitas baik dengan merek Clover Honey. Silakan kontak saya untuk informasinya. Terima kasih.

    • Say amat berminat untuk mengetahui lebih lanjut tentang madu asli sebab saya begitu berminat dengan madu tetapi kurang pengetahuan tentang madu asli dan cara memilihnya. Kebanyakkan madu yang di perkenalkan dan dikatakan asli itu pada akhirnya didapati tidak asli sama sekali. ternyata setiap kali saya tertipu.

    • saya pengelolo petenakan lebah trigonaSp, stok madu kami melimpah namun sulit untuk pemasaranya, lo ada solusi hubungi kami di hp, 081242407157

  28. Madu hutan dengan kadar air dibawah 20% justru diragukan…setidaknya itu sudah mengalami suatu proses pengentalan oleh manusia. kadar air madu ditentukan oleh kelembaban …untuk indonesia kadar air madu hutan umumnya sekitar 25-27%. madu ternak antara 22-25% walaupun ada yang mendekati 20% itu khusus daerah tertentu…aja

    kelembaban udara di indonesia sekitar 70-80%, Arab kelembaban udara bisa 40%…jadi wajar kadar air madu arab bisa mencapai 17-18%.

    sekedar menambah info

  29. madu merek apa aja mas yang da terbukti asli? mohon pencerahan..

  30. wah di medan ngak ada mas.. merek ah nahlu asli mas..?

    • maaf mas kalau merek an nahlu saya tidak tahu asli apa tidak, dan mungkin merek tersebut cuma ada di medan saja. silakan mas kyai Gantaro coba cara membedakan madu yang asli sama palsu dengan cara2 di atas. terima kasih atas tanggapannya.

  31. bagus nih semua artikel nya semoga terus jaya

  32. msh byk perbedaan jg y bedakan madu asli or g.
    tp klw saya biasanya minum madu mulhaq mas.
    baru2 ne tmn saya jg beli madu merk qathrun nada’.
    moga2 asli y.

  33. bismillah,..

    izin tautkan postingnya akhi,..

    syukron

  34. Klo ane minum madu ga beli, soalnye sodara ane yg kirim dr saudi, dijamin asli, Arab punya

  35. Simpang siur memang persoalan cara membedakan madu asli n palsu. Bagi saya, keaslian dan kualitas bisa ditentukan dengan mengonsumsinya langsung walaupun awalnya tetap aja trik2 tertentu dipakai buat milih-milih madu.

    Pilih madu yang punya izin resmi (Dinkes, POM, atau sejenisnya), cari produk madu yang punya peternakan lebah sendiri, setelah itu kita liat ciri2 fisiknya. Pribadi saya lebih memilih madu ternak ketimbang madu hutan, soalnya kebanyakan madu hutan gampang gelembung trus kalo dibuka suka meletup (ini artinya ada proses fermentasi. Proses ini justru menurunkan kualitas madu, jadi bukannya malah bagus). Trus liat tekstur n warnanya, teksturnya agak kental (gak terlalu kental) n jernih gak keruh. Kalo sesuai kriteria, beli deh..Sekarang tinggal tes rasa. Kalo rasanya manis menyengat (madu 25% lebih manis daripada gula) tanpa ada unsur asamnya lanjutin dengan mengonsumsinya dalam jangka waktu beberapa lama. Habisin satu botol gede lah minimalnya.

    Abis itu evaluasi lagi apakah madu tersebut memberikan efek positif ke tubuh. Kalo bikin badan seger buger n gak gampang sakit, berarti tuh madu asli dengan kualitas baik..

    oya, main-main dong ke situs saya. Liat-liat aja dulu..pasar-herbal.blogspot.com

  36. bisa melihat di http://alkhautsar.multiply.com untuk tips-tips yang lebih jelas mengetahui metode membedakan madu itu asli/murni atau palsu/campuran

  37. Mks atas infonya….
    Sekarang jadi tau bedain mana madu asli n’ mana madu palsu.
    Dari dulu kalau aku beli madu pasti semut duluan yang santap walaupun disimpan di frezzer.

  38. satriyobagusrupone

    infonya kasi pengetahuan ama ane, thx.
    kiranya info2nya nambah lagi ya…

  39. Alhamdulillah, banyak respon terkait masalah keaslian madu. Memang banyak indikator yang menyebabkan madu disebut sebagai madu murni, asli dan alami. Namun semuanya membtuhkan pembuktian secara ilmiyah dan sesuai dengan pengetahuan tentang Perlebahan dan Madu sebagai hasilnya.

    Kami tak ragu, untuk masalah madu kami percayakan pada Madu Al-Ghuroba’. Izinnya Resmi terdaftar di Dinas Kesehatan Sukoharjo (IKOT percontohan Dinas Kesehatan Sukoharjo), rutin menguji-labkan madunya ke lab terkemuka di Yogyakarta, langsung turun ke lokasi dan punya peternak binaan yang memberikan pernyataan jaminan keaslian dan kealamiahan 100% bermeterai, jaminan retur 100% bila terbukti tak Asli dan masya Allah, terasa manfaatnya.

    Yang lebih mantap, pengawas mutunya orang Farmasi lho.. Jangan sungkan bila membtuhkannya, silahkan berkunjung ke http://idherba.com. Semoga bermanfaat dan terima kasih

    • saya mengkonsumsi madu liar dari alquroba,kalau ga salah madu liar dari kalimantan.. saya beli di jogya. harganya 35.000/kg..
      saya kalau mengkonsumsi madu tersebut badan terasa sehat, tapi ketika orang2 bilang kok madu tersebut murah sekali karena dengan harga 35.000 sudah dapat 1 kg (1 botol besar) persepsi mereka madu tersebut adalah madu plsu,jadi saya ragu untuk mengkonsumsi kembali.
      mohon pencerahanya.
      tkx

  40. Madu jepang sangat berkhasiat, krn rasanya masam hampir mirip minum es jeruk tanpa gula. krn sangat berkhasiat maka harganya sangat mahal dibanding madu lainnya. 1/2 kg harganya 175 rb. penjualan di kota yogya ada di Shinse Robert. telp 0274-411870

    • tapi kira2 madu jepang asli gak ya?soalnya yg sy dengar madu jepang yg asli mahal banget,apa iya cuma 175rb?terus apa emang iya rasanya masam gak ada manis2nya gt?trims

  41. Kami telah melakukan serangkaian uji keaslian madu, dari beberapa tes yang kami lakukan, yang membuat kami takjub adalah bila madu dimasukkan ke dalam wadah yang berisi air lalu digoyang-goyangkan maka beberapa saat kemudian, bila madu itu asli akan terbentuk gambar yang mirip sarang lebah di dasar wadah tersebut, Subhanallah. Untuk informasi lengkapnya bisa dilihat di

    http://griyamadusehat.blogspot.com/p…ratu-madu.html

    Semoga bermanfaat

    Griya Madu Sehat

  42. Kami kelompok pengumpul madu hutan liar sumatera, siap memberikan sampel GRATIS madu murni, dijamin keasliannya. Kami telah memasok bahan baku ke banyak sekali produsen madu di Indonesia, dan sekarang kami memproduksi sendiri madu kami dengan merk ‘Madu Cap Mayang Kurma’

    Silahkan menghubungi kami di
    papavito@yahoo.com
    kami akan kirimkan sampel madu kami. Gratis..!!

  43. Muqbil Jember Jatim

    Kalo madu plus royal jelly itu bagus gak ya??

  44. Mas Muqbil, Madu plus royal jelly itu Insya Allah sangat bagus utk kesehatan karena royal jelly merupakan makanan yang dikhususkan utk ratu lebah yang mengandung berbagai macam zat yang sangat berkhasiat bagi kesehatan manusia.

    http://www.griyamadusehat.com
    Pusat Madu Berkualitas Tinggi
    0812 82 304 305

  45. kalau tes madu berikut ini valid gak yaa??

    1. Siapkan Sendok Makan dan lilin.
    2. Nyalakan lilin, tuangkan setengah sendok madu sampel ke sendok, lalu panggang sendok ber-madu tsb diatas lilin jangan sampai kena apinya. Biarkan sampai mendidih
    3. Ketika Mendidih, madu asli akan mengeluarkan buih yang melimpah sampai meluber keluar sendok.
    4. Biarkan selama 15-30 menit, madu asli akan berwarna seperti sebelum dididihkan namun agak kental.

    SILAHKAN BERKOMENTAR…..

    • beberapa khasiat madu: 1, untuk menyembuhkan sakit tenggorokan 1/2 air hangat dicampur i sendok madu dan perasan jeruk nipis, serta di tambah dengan putih telur ayam/ 1 sampai 2 butir cara meminum nya dengan memakai sendok, minum lah 3x sehari

  46. Saya dan keluarga adalah pemakai madu alami, setiap bulan sekitar 10 kg. Menurut saya, percayakan pemasok madu Anda kepada produsen yang bertanggungjawab, izinnya lengkap dan telah membuktikan dengan uji lab.

    Sampai dengan sekarang, saya percayakan madu saya hanya dari PJ Al-Ghuroba’ kebetulan dekat dengan rumah, izinnya jelas, dan uji labnya lengkap tidak hanya 1 jenis madu saja, tapi pada setiap jenis nektarnya.

    Hebatnya, uji lab tidak cuma pada 1 lab saja,tapi 3 lab terpercaya. Jadi tidak perlu tes macam-macam. Jaminannya jelas lagi. Coba cek di http://tokoherbal.net. Terima kasih

  47. bagi orang awam membuktikan madu asli atau bukan dengan pengujian di laboratorium itu sangat susah untuk di lakukan apalagi bagi masyarakat yg tdk paham yaaa kebanyakan sih orang pake cara2 yang sdh biasa di lakukan oleh orang2 tuan dlu itu cara yang lebih efektif dan efisien serta tdk mengeluarkan biaya…

  48. Belilah madu di tempat penjual madu membeli (kulakan) madu. Dijamin, madu di tempat tersebut pasti asli :)

  49. trimz infox saya cp eapz. gag cp bgt ada edit2xlah buat tugaz sekolah. trima kasih berat ha ha

  50. assalamu’alaykum
    untuk yang mau nyari2 madu habbatussauda impor dari mesir, madu kelengkeng, madu hutan asli.
    silahkan kunjingi web berikut

    http://klasifikasigitar.blogspot.com

    insyaallah lbh murah dari tempat lain

  51. kalau madu yg dijual di minimarket aman tidak ya, apakah mengandung pemanis buatan?karena sy baru akan membiasakan memakan madu

  52. Mbak Ayu, silahkan berkunjung ke http://www.griyamadusehat.com utk memperoleh informasi seputar madu , baik manfaat madu bagi kesehatan maupun berbagai jenis madu yang disediakan oleh griya madu sehat. juga dapat dilihat tes uji keaslian madu di http://griyamadusehat.blogspot.com/p…ratu-madu.html

    Semoga bermanfaat.
    http://www.griyamadusehat.com
    Pusat Madu Berkualitas Tinggi

  53. Ne dia artikel yang ane cari-cari tentang cara membedakan madu asli dengan madu palsu,apa lagi sekarang ini banyak sekali yang mengoplos madu,thanks gan udh share informasinya…

  54. thanx infonya…moga makin banyak update info2 kayak gini!!

  55. kalo madu yg beli di supermarket kaya alshifa asli ga yah?
    Soalnya harganya dah lumayan mahal.
    Mohon share nya, thanx

  56. wah memang susah susah gampang ,hayo para ilmuwan ciptakan dong alat yang murah untuk deteksi keaslian dan kepalsuan madu masa test kehamilan saja bisa dibuat untuk urusan yang beginian ndak bisa?

  57. alhamdulillah, peminat madu banyak juga ya… setahu saya madu itu cepat rusak (kandungannya hilang/menguap), sepeti sayuran yang layu!… yg kandungannya utuh hrs terjaga sejak dipanen hingga nyampe ke mulut kita… mau coba madu saya..? hub: 081398951299

  58. Sy mo cari madu asli nih,kira” ada yg jual gk yah?

    • ada saya punya

    • Masih mencari madu ?,saya ada madu hasil dari peternakan,saya belum ada izin depkes (masih proses pembuatan izin),tapi saya jamin keaslian madu dari kelompok tani saya.saya melayani pembelian diatas 50 botol+ongkir,kecuali anda datang ke peternakan kami anda boleh membeli eceran.
      (STOCK ADA SETELAH PANEN)
      Silahkan hub (sms/telp) saya di 085794252978 (Ujang),
      terimakasih

    • silahkan hub terapi annabaat 081227414023 kami jamin keasliannya krn sblum dijual kami laboratkan dulu pd labkesmas

  59. bahaya nda ya kalau kita minum madu buatan itu ?

  60. lord of forest

    yang paling mudah dan paling ampuh untuk mendeteksi madu asli atau tiruan cuma tahu yang paling susah di bohongin. ya itu dengan mengambil satu sendok madu lalu di bakar dengan lilin atau kompor gas . bila langsung jernih berarti banyak campuran gulanya. setelah di bakar sampar mendidih lalu di dinginkan lagi. dengan memakai jari celupkan ke madu yang kita masak tadi, tarik ke atas makin panjang benangnya berarti makin banyak gulanya. dan kalau di angkat jari kita langsung putus madu yang kita masak berarti madunya asli .

  61. Tips Membedakan Madu Asli dan Campuran ini sangat bermanfaat. Bayangkan kalo saja madu yang kita konsumsi adalah madu palsu, bukannya sehat yang didapat tapi malah penyakit. Thanks.

  62. makasi banget nih infonya sangat membantu. kemaren habis beli madu hutan kalimantan.. harganya lumayan mahal daripada madu-madu yg lain. asli atau palsunya gak tau (_ _ !). kemaren sih ngetesnya cuma ditaro di sendok dan diletakkan di lantai aja. ada sih semut yg mengerumuni 2 – 3ekor. nanti bisa praktekin cara lain ^_^ )

    • Masih mencari madu ?
      saya dari kelompok tani madu di Bogor,saya melayani pembelian min 50 botol,anda boleh beli ecer jika anda datang ke peternakan kami.
      STOCK READY SETELAH PANEN
      hub saya di 085794252978 (Ujang)

  63. Subhaanallooh, Jazaakallohu khoiron atas infonya. Semoga bagi produsen petani, penjual mengetahui bahwa apa yang dikemas, dijual, diambil semua adalah amanah. dan amanah akan dipertanggung jawabkan di akherat.

  64. kalau beli alat ukur kadar airnya dimana en apa namanya ya???

  65. Kalau yang ini betul-betul madu asli bos,kalau dipalsu yang asli buat apa,dan buat siapa?….http://madu-madukita.blogspot.com

  66. Renieta Dhaniyati

    kalo madu sheshei robert itu, belinya di daerah mana ya?

  67. Artikel nya sangat bagus nie …sy izin copy paste ya…kebetulan sy pnya blog yg membahas ttg madu,dan sy jga kebetulan jual madu hutan asli dr hutan sumatera..!!

    silahkan berkunjung di blog sy..& mohon tanggapan nya hehehe…http://tokomadu-jun.blogspot.com
    terima kasih banyak sebelum nya…salam

  68. saya punya madu asli asli sekali madu yanng dihasilkan dari huutan jenis kesambi yg merupakan jenis madu terbaik karena jenis ini bisa disimpan lama 2 tahun pun tidak apa-apa baik jenis maupun warna dan kadarnya. kami tawarkan Rp.100.000/kg stock terbatas +- 400 Kg. buruan kami tunggu di 081233798104 atau email: dion_ardiono@yahoo.id. trimakasih

  69. rudy yohanes hutagalung

    kalo dicampur baygon , baru ada ap2, selain itu semoga tidak ada ap2 nya :D

  70. Madu asli atau madu palsu, bagaimana cara membedakannya? Berdasarkan survey dilapangan baik di Indonesia maupun di USA menunjukan bahwa hampir 80% madu yang beredar dipasaran adalah madu palsu. Lalu bagaimana caranya sebagai orang awam, kita bisa mengetahui madu itu Asli?
    Madu asli sesungguhnya sangat mudah diketahui hanya dengan melihat dari sifat dan karakter fisiknya yang khas. Sayangnya, saat ini beredar madu palsu yang meniru sebagian dari sifat atau karakter fisik madu Asli. Sehingga bagi kebanyakan orang sangatlah susah untuk mengetahu keaslian madu, hanya dengan melihat secara fisik.
    Madu Asli mempunyai beberapa karakteristik fisik yang tidak bisa dipalsukan:
    Memutar Optik: Madu asli mempunyai kandungan gula yang spesifik yang dapat mengubah sudut putaran cahaya terpolarisasi.
    Higroskopis: madu asli bersifat menyerap air, jika madu dibiarkan terbuka pada tempat dengan kelembaban udara tinggi maka madu akan bertambah encer.
    Madu asli jika dituangkan ke dalam air hangat tidak akan pecah atau air akan tetap jernih sebelum diaduk. Bagi madu yang sudah dicampur akan lebih cepat membuat keruh.
    Sedangkan sifat2 madu yang umumnya dipalsukan antara lain: sifat madu yang bisa membuat telor matang, tidak tembus koran atau jika dikocok mengeluarkan gas.
    Kandungan madu yang juga tidak bisa dipalsukan adalah adanya kandungan Enzim Diastase. Kandungan diatase inilah salah satu yang digunakan acuan SNI untuk menentukan madu itu asli atau tidak. Karena enzim ini hanya bisa dihasilkan dari kelenjar ludah lebah.

  71. Assalaamu’alaikum ..
    Terus terang saya jg member K-Link… namun kebanyakan produknya saya konsumsi sendiri buat keluarga.
    Saya konsumsi Gamat Emultion, Chlorophil, Omega Squa, Omega Kids dan Propolis Platinum. Terutama untuk anak saya ( umur 2,7 th ), kemarin jatuh dan tulangnya retak… alhamdulillah setelah minum Gamat dan lukanya dioles pake Propolis… sekarang sembuh total dalam waktu kurang dari 2 Minggu, Gypsumnya sdh boleh dilepas. Saya mengamati Produk K-Link yang tersebut diatas memang berkualitas. Saya tidak memasarkan Produk, saya jadi MEMBER hanya untuk kebutuhan kesehatan Keluarga saya… Dan setiap hari Kami sekeluarga selalu mengkonsumsi MADU HUTAN. Alhamdulillah selalu dikaruniai Sehat…. Jika membutuhkan Madu Hutan CP : 08122771616 ( nur ) Alamat : Sleman Yogyakarta

  72. apa benar kita harus menggunakan sendok plastik, bukan sendok stainless karena akan mengurangi bahkan merusak kandungan gizinya, tx

  73. kapan ada sminar ttg madu?????????????????

  74. perkg maduhutan brp mas? jk psan byk disc brp%, annabaat 081227414023

  75. mau tanya nih gan,, bisa ngga madu di jadiin serbuk

  76. saya mo tanya..bapak saya kena sakit jantung,ginjal,dan infeksi lambung..tapi masih tergolong ringan..apakah boleh menkonsumsi madu..

  77. Setahu sy law yg jual mang ran, pasti asli

  78. Diatas ada yg nanya ttg harga madu Arab. Info dari penjual dan yg pernah kelihatan, harganya berkisar SAR 200,-/kg madu Yaman, dan SAR 500,-/kg madu Uhud Madinah. Wallohu a’lam

  79. madu itu kan lebih manis dr gula pasir ya.jadi kalo tiap hari minum madu kira2 bisa sakit gula ngak ya?jd agak2 takut kelebihan gula ni kalo konsumsi 3x sehari trs menerus.please coment nya ya.thanks

  80. Aku ada madu yg dijamin keasliannya,aku sendiri pernah ngliat gembala lebahnya ke hutan, sekarang yg tersedia madu mangga(hitam),madu rambutan dan madu randu/kapuk memang harganya agak mahal 1btl kecil seharga 30 rb tapi keaslian dijamin, yg berminat silakan add FBku ya moga stok masih ada, karena sudah memasuki musim penghujan

  81. memang susah ya membedakan antara madu asli dengan madu yang campur gula.

  82. Makasih infony….dlu emg smpat bngung tes madu asli ato bkan coz kdang ada madu yang asli tpi dcmpur dngan bhan2 lain shingga sulit dibedakan, tpi satu tes madu yang membuat sya yaqin yaitu apabila sebuah madu yg kita punya tidak dikerumuni semut walaupun di taruh di dekat sarung semut, dah yakin dech tu madu ASLI…..
    jangan segan mampir di web kami di: http://pintargeniusblogger.blogspot.com/
    sukses untuk kita semua….

  83. Maaf, setau saya mngukur madu asli atau tidak dgn semut hanyalah sbuah mitos.. Sbagian madu asli tetap dikerumuni semut krn madu mngandung glukosa. Bahkan bisa jadi madu yg tidak disukai semut itu disebabkan madu trsebut mngandung gas shingga semut tidak mau mndekat. Disukai semut atau tidak bukanlah acuan yg bisa dipakai untuk mnentukan keaslian madu..

  84. terima kasih info

  85. Anda butuh Madu Hutan Asli dari Riau-Sumatera …
    Kami Datangkan Madu dari Petani Madu Langsung..
    Tanpa Diolah Pabrik, Tanpa Pemanis, Tanpa Pengawet…
    Madu Masih Fresh dari Petani Madu

    Alamat :
    Pogung Lor, Sinduadi Mlati Sleman Yogyakarta
    HP = 08122771616

  86. jadi betambah ni wawasan, maklum ane jual madu.hehehe
    eiiit madu hutan asli mw dites monggoh,..
    ane mw cari pasaran untuk kluar kota ni, tp blm ada relasi..
    ada yang mw masarin madu juga gak ni………

  87. Dengan membaca artikel ini Insya Allah dapat mengurangi orang yang tertipu Madu Palsu, karena bagaimanapun Madu Palsu tetap merugikan.

  88. aslmkm saya ada madu htan asli sumatra tepat nya dprop jambi dsni banyak pohon yang ada lebah nya sekali panen bisa 20-80 kg ada ynag minat mau kerja sama disini banyak stok hub 085366914511 andi masalah kaslian saya jamin 100% wong saya ikut ngambil dhutan

    • Kalo mo beli brp?sy di sby?kemaren dpt yg jelek.soale’

      • Mba Reni silahkan coba madu dari peternakan madu kelompok tani saya,kami belum ada izin depkes tapi mba reni silahkan coba keasliannya,saya biasa melayani pembelian min 50 botol,tapi mba boleh coba 1 dulu (harga eceran+ongkir),atau mba silahkan datang ke peternakan kami untuk menguji keasliannya.
        Mba bisa hub saya di 085794252978 (Ujang),
        STOCK READY SETELAH PANEN
        terimakasih

  89. Blog tentang madu yang bagus…, jadi pengen silaturahim ni sama mas dwi heriyanto! salam kenal ya mas..dah pada kumpul ni penjual2 madu disini, kapan2 offline gimana?

  90. Anda Membutuhkan Madu Hutan Asli…??
    Kami Menjual MAdu Hutan Asli dari RIAU Sumatera…
    Madu Kami Datangkan dari Petani Madu Hutan, dijamin Ke asliannya..
    Alamat : Pogung Lor, Sinduadi Mlati Sleman Yogyakarta
    HP : 08122771616

  91. Madu murni 100%. No Label No Depkes. Asli dari Wonosobo. Musim kayu Kalbi dan Jenitri. Harga Rp 180.000,00 per botol (botol sirup/kecap besar).

    Tidak ada kemasan lain. Tidak bisa kirim ke luar kota karena tutup botol hanya menggunakan plastik dan ditali karet. Tidak buka cabang dimanapun.

    Silakan datang ketempat kami, dan silakan tes kemurnian menurut pengetahuan Anda karena saya sendiri malah nggak begitu mudheng untuk ngetes kemurnian madu secara expert.

    Harga NO NEGO. Tidak melayani grosir/reseller. Kami hanya berusaha menjaga kemurnian dan keaslian. Silakan komplain ke kami jika Anda mendapatkan madu yang menurut Anda palsu atau campuran.

    Saya hanya melayani PEMBAYARAN di TEMPAT/COD setelah Anda memastikan bahwa madu yang saya jual adalah asli dan murni.

    Penyo

    081578103409
    081228075458
    PIN BB: 28BC2A3D

  92. Assalammu’alaikum,

    Maaf saya mau tanya ttg pengujian yang ditaruh di piring lalu dikasih air hangat, hasilnya bisa digolongkan akurat? maaf soalnya kalau harus nge tes ke lab kan mahal sekali ya hehehe….

    • @Pahmi, bukan air hangat mas. Tapi air dingin. Madu ditaruh dipiring, dikasih air, kemudian digoyang kekiri dan kenan, madu asli dan murni akan membentuk heksagonal seperti sarang lebah. Sampai sekarang, hal ini menjadi salah satu cara termurah dan terbaik sebab belum bisa dipalsukan. Untuk tes ke lab, di Agro Besar, paket uji lab utk madu sekitar 600ribu. Sedang di LPPT UGM biasanya disarankan yang penting2 saja, tidak semua harus diuji.

  93. dulu saya pernah dibawa paman mengambil madu labah di hutan.waktu itu kami berhasil mendapatkan madu sekitar seperempat gelas kecil.kemudian paman saya bilang jika saya sanggup menghabiskan madu itu sekali minum maka saya akan di kasih hadiah.waktu itu saya merasa paman saya meremehkan saya.masa sih seperempat gelas yang jika isinya air paling 3teguk habis saya gak sanggup?
    akhir nya tantangan paman saya terima.
    kemudian apa yng terjadi :
    *tegukan pertama : saya hanya bisa memasukkan madu
    ke mulut saya mungkin sekitar satu sendok makan lebih.tapi rasanya sudah penuh dimulut.
    waktu itu rasanya manis gurih dan nikmat sekali.susah digambarkan dengan kata kata.
    hingga kala itu juga saya berhayal,jangan kan seperempat gelas,3 gelas pun saya mau dan sanggup.
    *tegukan kedua saya juga hanya ber hasil memasuk kan sedikit madu kedalam mulut saya mungkin karena kental.aneh nya waktu itu mulut saya terasa penuh dengan lendir hingga timbul perasan gak sanggup.,tapi saya paksakan untuk menelan habis.
    *tegukan ketiga
    waktu itu entah kenapa saya merasa isi perut saya mau keluar. akhir nya saya menyerah.
    sekarang saya coba pengalaman saya dengan beberapa merk madu.aneh nya jangan kan manis,malah kesan pertama meneguk madu adalah asam atau rasa permentasi yang kuat.rasa manisnya kalah dengan ras asam .bahkan pernah saya minum sampai 4 teguk gak ada kesan nya.
    apa memang madu asli sekarang rasa nya asam
    semua ya/saya bingung.

  94. jika butuh madu asli dan murni
    dijamin atau uang kembali 100%, jika terbukti madu kami tidak asli dan tidak murni
    hub TOKO MADU & HERBAL AL ATSARY TAPAN KEDUNGWARU TULUNGAGUNG JATIM
    kontak peson Abu Aisyah
    03557733945 08973279533 08819298998

  95. info yang bermanfaat sekali…
    izin copas ya bro…

    mampir bro kesini infomadumurni.blogspot.com

  96. assalamu’alaikum,trnyata blog teman lama ana..xixixiixi…nice info akh…pa kbr?

  97. memang sangat susah untuk membedakan antara madu asli dan madu palsu.

    Sepertinya hanya peternak itu sendiri yang tau mana madu asli dan mana madu palsu. Tapi setidaknya artikel ini memberi kita pengetahuan agar tidak terjebak dengan madu palsu

  98. Makasih kang her, tp msh pNgen tau. Ad gak k gunaan laen dr madu ne??

  99. Mantap penjelasannya,,
    bisa buat tambah referensi artikel…
    terima kasih

    • Assalamualaikum.wr.wb.
      Salam Sejahtera..

      ada cara traditional lainnya untuk bedakan madu asli dan palsu..

      1. Cara yg biasa dilakukan adalah antara lain, meletakkan cairan madu di kapas kemudian dibakar, disimpan dalam lemari es (madu asli tidak akan beku).

      2. Cara Yang Kedua ini juga lebih efektif membedakan cairan madu asli dan tidak. Yaitu :

      panasin wajan di kompor, kemudian masukin 1 atau 2 sendok madu ke wajan yg sudh panas itu.., kalau saja cairan tersebut keliatan seperti berbusa,mendidih sambil ngeluarin bunyi selayaknya cairan gula yg di panasin, itu brrti madu yg sdh dicampur dgn gula. tetapi kalau cairan tersebut tetap tidak mendidih, dan bahkan sampai panci tersebut ngebulpun kalau benar cairan tersebut madu asli maka cairan tersebut tetap tidak didih dan terlihat tenang dalam wajan tersebut.

      Makasih gan.. Moga Info ini bermanfaat..

  100. untuk yang belum berpengalaman memang tidak mudah, dulu saya sering ketipu, insyaAlloh sekarang tidak lagi. untuk menjamin klalitas madu kami berupaya untuk menjadi tangan pertama setelah peternak yang terpercaya, silahkan belanja di toko kami atau hubungi marketing untuk pembelian grosir.

  101. Bagaimana kalau ada orang meniru madau,ia mencampur formalin pula di dalam nya…..?

  102. JazakAllahu khairan atas informasinya. Semoga para pedagang madu selalu Allah bimbing menjadi orang yang jujur.

  103. Mahrani Saragih

    numpang pesan y?
    kami penjual madu asli 100% dari alam belum ada merk dan blum ada no DepKes
    madu diambil dari hutan Riau-Pekanbaru
    belum dicampur dengan apapun, masih bersifat original
    kami menyediakan madu yg perbotol (botol kecap besar) dan perkilo
    kalau berminat hubungi no
    081376165201
    atau
    087869963190 atas nama rani

    FB: Mahrani Saragih

  104. Mahrani Saragih

    numpang pesan y?
    kami penjual madu asli 100% dari alam belum ada merk dan blum ada no DepKes
    madu diambil dari hutan Riau-Pekanbaru
    belum dicampur dengan apapun, masih bersifat original
    kami menyediakan madu yg perbotol (botol kecap besar) dan perkilo
    harga perbotol (botol kecap besar) Rp 90.000 (beda Ongkos kirim)
    perkilo Rp 200.000 (beda Ongkos kirim)
    harga bisa nego khusus untuk yg ambil diatas Rp 150.000
    kalau berminat hubungi no
    081376165201
    atau
    087869963190 atas nama rani

    FB: Mahrani Saragih

  105. laiwuiobi@yahoo.com

    Assalamualaikum.wr.wb.
    Salam Sejahtera.
    Kami Menyedediakan Madu Asli Dari hutan sumbawa,
    1. Madu Sumbawa ini langsung d ambil di petani di sumbawa dan tdk ada perlakuan tambahn cairan lain.
    2. khusus JABODETABEK dapat kami datangin di tmpat saat ada pemesanan.(kami bertempat di jakarta selatan pasar minggu)
    3. Sistem transaksi langsung di tempat pesanan, ada uang-ada barang (tidak menggunakan sistem transfer dan lainnya.
    4. kami siap uji keasliannya di tempat saat transaksi..
    5. rp. 130.000/1 botol aqua nanggung. (bisa dipesan 1/2 botol)
    Hubungi tlfn/sms 087782857512 dan 085811699241

  106. Assalamualaikum.wr.wb.
    Salam Sejahtera.
    Permisi Numpang Sampaiin Info gan..
    Kami Menyedediakan Madu Asli Dari hutan sumbawa,
    1. Madu Sumbawa ini langsung d ambil di petani di sumbawa dan tdk ada perlakuan tambahn cairan lain.
    2. khusus JABODETABEK dapat kami datangin di tmpat saat ada pemesanan.(kami bertempat di jakarta selatan pasar minggu)
    3. Sistem transaksi langsung di tempat pesanan, ada uang-ada barang (tidak menggunakan sistem transfer dan lainnya.
    4. kami siap uji keasliannya di tempat saat transaksi..
    5. rp. 130.000/1 botol aqua nanggung. (bisa dipesan 1/2 botol)
    Hubungi tlfn/sms 087782857512 dan 085811699241

  107. Assalamualaikum.wr.wb.
    Salam Sejahtera..
    Numpang Posting gan…

    ada cara traditional lainnya untuk bedakan madu asli dan palsu..

    1. Cara yg biasa dilakukan adalah antara lain, meletakkan cairan madu di kapas kemudian dibakar, disimpan dalam lemari es (madu asli tidak akan beku).

    2. Cara Yang Kedua ini juga lebih efektif membedakan cairan madu asli dan tidak. Yaitu :

    panasin wajan di kompor, kemudian masukin 1 atau 2 sendok madu ke wajan yg sudh panas itu.., kalau saja cairan tersebut keliatan seperti berbusa,mendidih sambil ngeluarin bunyi selayaknya cairan gula yg di panasin, itu brrti madu yg sdh dicampur dgn gula. tetapi kalau cairan tersebut tetap tidak mendidih, dan bahkan sampai panci tersebut ngebulpun kalau benar cairan tersebut madu asli maka cairan tersebut tetap tidak didih dan terlihat tenang dalam wajan tersebut.

    Makasih gan.. Moga Info ini bermanfaat..

    • rakhmad triyanto

      walau asli tetap saja mendidih gan, saya ngmbil dari hutan lansung saya panasi tetam mendidih dan berbusa…..,tidak bisa untuk patokan

  108. mau madu wisata ?
    silahkan kunjungi Panggang, Bantul, Yogyakarta

  109. saya punya stock madu asli 5kg, 2kg dah terjual per kg saya kasih hrga 80rb. Saya dapat dari hutan daerah duri riau. Yg berminat silakan sms/call 081376151118.

    • anita meiyanti

      mas ilham,apakah qt bs jadi rekan bisnis, saya Anita dikota jambi,saya pemasok madu asli dr hutan dikota Jambi saya mencari pemasok untuk dijual,saya ada stok ratusan kilo madu asli,saya kasih harga 60rb per kg. Berminat hubungi saya di 081927417239.

  110. Assalaamu’alaikum wr wb

    Kami jual madu murni yg diambil dari peternak lansung dari daerah sumatera (madu hutan), sudah terdaftar di depkes dan MUI. kami sangat berkomitmen untuk menjaga keaslian madu yg kami jual, sampai sekarang belum ada keluhan dari para pelanggan kami.
    untuk ukuran 0.5kg biasa kami jual Rp 45.000.

    jika ada yg berminat silahkan hub 085742482119.
    lokasi kami ada di klari-karawang.

    Terima kasih
    Wassalamu’alaikum wr wb

  111. haturnuhun kang infonya bisa menambah pengetahuan saya sebagai karyawan toko herbal.

  112. akhir-akhir ini saya mengkumsumsi madu boleh dikatakan setiap hari,kecuali saya lupa tetapi pengetahuan tentang madu saya sama sekali tidak ada, saya mau tanya kalau madu yang sudah ada depkesnya sudah di jamin ya keasliannya, soalnya saya beli madu cuma lewat apotik saja

  113. saya Bernama Elias Piau, Asal Mentawai Sumatera Barat. Pekerjaan Wartwan Sumbar Padang. Jadi Kalau Saudara/i Ingin Tahu Ten5tang madu Asli, Silahkan Kunjungi kampung Saya Di Mentawai Desa Politcoman. kami Menghasilkan Satu Ton setiap tahun. Asli Diajamin. karena Hutannya Luas. Untuk Pemahaman Madu Asli Orang Mentwai, Mereka tidak Tahu Campur atau memalsukan yang jelas mereka hanya Bisa Panen langsung Dihari Musim. harganya pun murah bukan Pakai kilogram tapi pakai botol Bir. Harnganya Rp150.000/Botolnya.

  114. Saya putra Asli Mentawai Sumatera barat. Kami punya banyak Madu lebah Asli di hutan. persoalnnya, untuk menjualnya susah terjual per ton untuk setiap tahunnya. biasanya kami masyarakat, menjualnya ke kota- kota siapa saja yang mau beli. jadi kalau ada tempat penjualn madu Asli ditempat lain, kami siap untuk kerja sama dengan Mereka.

  115. Kemarin ngambil madu,eh gak tahunya masih banyak anaknya, diperas malah jadi keluar putih2nya, kapan sih waktu yg tepat untuk ngambil madu, gimana juga cara meras madunya? suwun

  116. Sekedar sharing dan berbagi informasi. Gunakan madu jepang, hidup sehat bersama sinshe robert, Memang rasa madunya masam tapi berkhasiat untuk berbagai penyakit, harga 350 ribu per kg dan hanya bisa dibeli di shinse robert jogjakarta 0274 – 411870 ( perumahan griya surya asri blok A nomor 1 suryodiningratan yogyakarta ). Saya sudah merasakannya dan semuanya menjadi baik dan sehat. Mudah mudahan rekan rekan juga bisa mencoba merasakannya, terima kasih, semoga bermanfaat.

  117. baru2 ini suami sy mengkonsumsi madu odeng..produksi dari daerah skitar tasik..saya ragu dan khawatir malah menyarankan suami utk menghentikan pemakaiannya karena adanya peningkatan libido..sy khawatir ada racikan tertentu atau mungkin bahan kimia yg disertakan dalam madu tersebut,,kira2..kalau madu hutan apakah memang mempunyai manfaat sprti itu atau tidak ya..?

  118. apakah ada madu yang berkhasiat untuk menghilangkan jerawat?

  119. kalau dilihat dengan mata saja tidak akan bisa membedakannya ni memang perlu melakukan sesuatu untuk membuktukan keaslian madu ni
    terima kasih atas penjelasannya, sangat membantu

  120. Saya membimbing petani madi di perbatasan kalsel dan kaltim, saat ini kami sedang memanen madu, stock sdh ada di rumah kami sekitar 500 kg, kami menjual dg harga Rp. 125.000,-/kg….yang beminat hubungi saya Nurminto Raharjo. 0813 495 29499 alamat RT. 01 Desa Muara Uya, Kec. Muara Uya, Kab. Tabalong, Kalsel.

  121. saya baru tahu sekarang caranya.

  122. ternyata madu sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia.

  123. ternyata mudah ya untuk membedakannya.

  124. Terima kasih, sangat detail sekali penjelasannya mas.
    sangat membantu sekali bagi saya untuk memberikan penjelasan bagi pelanggan saya.

  125. Salam……
    Terimakasih atas infonya………hanya perlu ditambahkan, bahwa pengujian madu yang akurat tidak harus di IPB. di Bandung juga bisa sejak jaman dulu yaitu ITB di Bag Farmasi salah satunya. Karena kami melakukannya disana.
    Demikian tanggapan kami,

    Wassalam,

    Madu Asy Syifa Bandung

  126. sebenarnya saya bingung madu yang asli. cirinya bagaimana..?

  127. matab kali gan infonya untuk saya membedakan yang asli atau yang palsunya terimakasih sudah mau berbagi informasi

  128. rakhmad triyanto

    sihkan datang di tempat saya klo pingin tahu madu dari lebah hutan wana gama tapi bukan labah gong ,dari lebah lokat. tapi saat ini baru tidak musim madu…

  129. sebagai penjual madu, tentunya sering kali diberikan pertanyaan oleh calon pembeli “madunya beneran asli?”
    sebetulnya pembeli udah tau jawaban apa yang akan diberikan oleh penjual madu.

  130. Saya menjual madu asli Baduy, kami tdk hanya berniat memakmurkan warga Baduy asli tp juga sedang merencanakan akan wisata petik buah dr pedalaman baduy.. Alhamdulillah dr penjualan madu baduy sekarang telah tertanam ratusan bibit durian dan buah2an lainnya.. Bagi yg berminat membeli madu hutan baduy asli silahkan hub saya di 085714111002 / pin:2A732E33 , tidak hanya sehat tp insyaAllah berkah… Madu baduy mudah meletup sebelum dibuka botolnya harap ditaruh kulkas selama sehari baru dibuka untuk menghindari letupan berlebihan.. harga hanya 110rb/botol marjan 630ml. Pembelian diatas 5 botol hanya @100rb belum termasuk ongkir.. Tidak menerima pengiriman diluar jawa untuk menghindari letupan dan tekanan gas berlebihan dr madu…

  131. You’re so interesting! I don’t suppose I’ve truly read a single thing like that before. So great to find another person with genuine thoughts on this topic. Seriously.. thank you for starting this up. This site is something that is required on the web, someone with a bit of originality!

  132. Assalamau’alaikum… untuk membedakan madu asli atau palsu apakah bisa dari harga? hehehe… karena ada beberapa produk yang harganya luar biasa (bisa dikatakan mahal), ko bisa sampai mahal seperti itu sih? nuhun Kang Herr…

  133. abu muhammad arkhan assumatrani

    bagi yang berminat memesan MADU LEBAH HUTAN RIAU,ASLI DARI HUTAN TESSO NILO,kami melayani pengirimian partai/eceran,hubungi kami : 0812688224964,hrga bersaing dan BERGARANSI INSYA ALLAH

  134. CARA BEDAKAN MADU ASLI HUTAN DGN MADU BUATAN/PALSU :; MASUKAN SATU SENDOK MADU DALAM RONGGA MULUT DAN DIAMKAN DLM MULUT SELAMA KURANG LEBIH 15 DETIK LALU DITELAN PERLAHAN LAHAN SELAMA LIMA DETIK, MAKA PADA SAAT PERTAMA AKAN TERASA AROMA KHAS MADU DENGAN RASA MANIS YG BERBEDA DG AIR GULA TETES TEBU ATAUPUN GULA AREN.LANTAS AKAN TERASA ADA RASA HANGAT (BUKAN PANAS), YANG MENJALAR PERLAHAN DISEKITAR RONGGA MULUT,TERUTAMA TERASA PALING HANGAT PD TENGGOROKAN ATAS LANTAS DILANJUTKAN DG ADANYA UAP GAS HANGAT DG AROMA MADU YG KELUAR LEWAT HIDUNG. SELANJTNYA UNT MEMBEDAKAN MADU HUTAN DG MADU TERNAK : (1) Madu ternak terasa kurang kental sedangkan madu hutan memiliki tektur lbh kental.(2) madu ternak memiliki warna lebih transparan/bersih/jernih dibandingkan dg madu hutan yg kuning putih kabur,kuning kemerahan,coklat menguning & coklat kemerahan.(3)rasa hangat pada madu hutan sangat terasa tp pd madu ternak kurang. (4) rasa dan aroma madu hutan lebih lama melekat pd rongga mulut dibandingkan dg madu ternak. Dmkian semoga bermanfaat.

  135. jual madu murni dr malang..085736051807.garansi uang kembali..menerima silaturrahim dan kunjungan untk sharing2 seputar madu.monggo :)

  136. Kalo masalah menguji apakah asli atau tidaknya madu yang paling akurat diuji di laboratorium gan

  137. Memang terdang agak susah membedakan madu asli dan madu tidak asli

  138. Assalamu’alaikum wr wb,
    Selamat malam para pecinta madu…untuk yang cari madu hutan sekarang ada agen nya di Jakarta Timur…madu didatangkan langsung dari Riau Pangkalan Kerinci dari pengepul kami yang insya Allah bisa dipercaya dan amanah…dari lebah madu sialang daerah Tesso, Baserah, Sorek dan sekitarnya….per kg Rp 130.000 ada juga kemasan 250 ml dan 500 ml….
    Minat Hp 087810555500 Pin 26b5ac30. Alamat Pondok Kopi Jaktim
    Madu blm ada pengolahan ….

    Salam

    Arif

  139. Yang paling sederhana membedakan madu asli atau bukan, cukup di bawak pulang ke rumah, kalau Isteri di Rumah marah berarti itu madu asli kalau tidak berarti madunya bukan asli hehehehe….

  140. sipp.. gan
    visit bakc
    siipp.. lanjuttt

    visit back gan

    http://www.istanamadumurni.web.id/

  141. Mksih y infox

  142. tips yang paling baik dan mudah untuk membedakan mana madu yang asli dan mana yang palsu gimana gan cara nya ?

  143. wah.. saya biasanya di coba dengan di rembesin ke koran. ternyata hal itu gak sepenuhnya benar. kalau laboratorium ya agak mahal, saya beli madu ke sodara yang katanya di ambil langsung, wah jadi ragu-ragu nih

  144. salam kenal semuanya. artikelnya manfaat buat kita semua

  145. beli saja madu toplesan yang masih dalam sarang ke APILESTA, madu masih utuh dalam sarang belum di peras di jamin tidak penasaran, baru nanti ceritakan kriteria madu asli seperti apa

  146. Saya ada produk madu “tiga lebah”..madu hutan riau, insya Allah asli..berminat bisa contact 081327355898. Menerima partai besar maupun kecil.
    Lokasi saya di Jakarta Timur

  1. Ping-balik: Herbasunnah » Cara menguji madu asli atau tidak

  2. Ping-balik: BACALAH « 3bersahabat

  3. Ping-balik: Madu : manis dan sehat – Bodong Sehat

  4. Ping-balik: TELITI DALAM MEMILIH MADU « andifaridah

  5. Ping-balik: Honey BEE | nindydotme

  6. Ping-balik: manfaat madu lebah hutan sumbawa

  7. Ping-balik: manfaat madu liar buat ibu hamil

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 50 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: