Download Aturan Shaf Shalat Berjamaah

Di antara syari’at yang diajarkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada umatnya adalah meluruskan dan merapatkan shaf dalam shalat berjamaah. Barangsiapa yang melaksanakan syari’at, petunjuk dan ajaran-ajarannya dalam meluruskan dan merapatkan shaf, sungguh dia telah menunjukkan ittiba’ nya (mengikuti) dan kecintaannya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

Adapun hadits yang memerintahkan untuk meluruskan dan merapatkan shaf diantaranya sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang artinya: “Apakah kalian tidak berbaris sebagaimana berbarisnya para malaikat di sisi Rabb mereka ?” Maka kami berkata: “Wahai Rasulullah , bagaimana berbarisnya malaikat di sisi Rabb mereka ?” Beliau menjawab : “Mereka menyempurnakan barisan-barisan (shaf-shaf), yang pertama kemudian (shaf) yang berikutnya, dan mereka merapatkan barisan” (HR. Muslim, An Nasa’i dan Ibnu Khuzaimah).

Dalam hadits yang lain yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari An Nu’man bin Basyir, Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata yang artinya: Dahulu Rasullullah meluruskan shaf kami sampai seperti meluruskan anak panah hingga beliau memandang kami telah paham apa yang beliau perintahkan kepada kami (sampai shof kami telah rapi-pent), kemudian suatu hari beliau keluar (untuk shalat) kemudian beliau berdiri, hingga ketika beliau akan bertakbir, beliau melihat seseorang yang membusungkan dadanya, maka beliau bersabda: “Wahai para hamba Allah, sungguh kalian benar-benar meluruskan shaf atau Allah akan memperselisihkan wajah-wajah kalian”. (HR. Muslim)

Dari hadits-hadits di atas menunjukkan betapa pentingnya meluruskan dan merapatkan shaf pada waktu shalat berjamaah karena hal tersebut termasuk kesempurnaan shalat sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam: “Luruskan shaf-shaf kalian, karena lurusnya shaf termasuk kesempurnaan shalat”. Sayang, sebagian kaum muslimin  masih banyak yang belum paham akan perkara penting ini.  Saya punya file gambar aturan shaf shalat yang shahih yang saya dapatkan dari hasil browsing (lihat gambar di samping). Bisa Anda tempel di masjid untuk kepentingan dakwah agar masyarakat mengerti bagaimana aturan shaf yang sesuai dengan apa yang Rasulullah shallallahu ‘alahi wa sallam ajarkan.  Filenya berformat jpg, langsung print dan sudah diplot untuk kertas ukuran A4. Beresolusi 300 dpi dengan file size 1,22 mb. Silakan download di sini.

Oh iya, ada juga file pdf tentang posisi imam dan makmum dalam shalat berjamaah beserta dalil-dalilnya. Downloadnya di sini. Previewnya:

Semoga bermanfaat. Saya sudah mencetaknya dan menempelnya di masjid atau mushala terdekat, lalu bagaimana dengan Anda?

Sumber: http://fodkas.wordpress.com dan milis assunnah@yahoogroups.com

About these ads

Posted on 10 September 2008, in Download and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 35 Komentar.

  1. saya download ya…
    jazakallahu khairan

  2. @melati
    @mahabbahtedja
    waiyyakum,,,

  3. Masalahnya yang sering terjadi, orang yang disamping udah saya minta untuk lebih rapat tapi tetap aja gak mau lebih rapat lagi (mungkin bagi dia udah terlalu rapat kali ya). Kalau diminta untuk kedua dan ketiga kalinya, paling2 hanya bergeser 1 cm. Cape’ deh…. Jadi, kan gak mungkin kalau kita merapat ke sebelah sementara yang sebelahnya lagi tetap tidak bergerak, alhasil ya kiri kanan agak renggang.

  4. Setuju kalo gambar tadi diperbanyak…syukur dalam cetakan yang bagus, lalu dibagikan secara gratis pada Masjid, Mushalalla ataupun Lembaga Dakwah lainnya.
    Trims dah berkunjung ke blog saya

  5. ana ijin download, akh. jazakallahu khairan katsira. boleh diedit ulang?

  6. @hanif019
    waiyyak, klo mau ngedit izinnya sama situs sumber di atas. saya nggak punya hak.

  7. Subhanallah, perkaranya terlihat ringan tapi sangatlah penting… Terimakasih patas pencerahannya

  8. Alhamdulliah semoga saya semakin beriman Kepada Allah SWT

  9. Assalamualaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu
    Asyhadu la ilaha ila Allah wa ana Muhammad Rasulullah wa abduhu
    mas biidznillah ana berhasil menemukan blog antum lewat keren ya tapi lakin ana diajarin ya .

    ana juga punya blog tapi jelek n copy paste semua artikelnya
    oh ya antum kapan pulang …?
    ana tnggl 1 insya Allah pulang ke cirebon nti ana main ke tempat antum ya mas ana minta alamat antum ya mas
    wAAlaikummussalam

  10. Akhi, posting antum ini sangat bermanfaat. Ana boleh ambil ya gambar2nya?

    Jazakallah khairan

  11. @iman
    waiyyak. iya silahkan. disebarluaskan juga diperkenankan

  12. mas apa gak ada selain 4shared untuk ngedownload?
    maaf comp saya tidak bisa dipakai untuk nge-download di 4shared.terima kasih sebelumnya

  13. kalo bisa tolong dikirim ke email saya ya mas..
    maaf karena sangat penting untuk para jama’ah di mesjid rumah saya yang shaf shalatnya tidak pernah mau di luruskan dan dirapatkan…sukran jazilan ya akhi

  14. terimakasih mas panduannya. dah lama saya pengin tempelin di mushola sebelah rumah karena saya lihat susunan shaf yang kurang bener. mudah-mudahan menjadi amalan yang bermanfaat..

  15. terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat ini semoga Allah selalu memberikan Rahmat dan HidayahNya kepada kita semua Amien…

  16. sebelumnya jazakallah khoir.
    tapi… saya sempat dengan dari salah satu ustadzah.bahwa lebih baik shaf dalam shalat itu tidak serapat itu karena akan menggangu pergerakan tubuh(misalkan saja untuk mengangkat tangan ketika takbir).jika terlalu rapat kan nanti ketika takbir makmum yang di samping kiri dan kanan akan tersenggol-senggol sehingga mengganggu makmum yang lain tersebut.begitu pula untuk pergerakan2 lain bisa dipastikan akan saling bersenggolan dan terlihat berdesak-desakkan.
    Nah gimana pendapat antum tentang perkataan ustadzah itu? beliaunya juga menyampaikan dalil2 tentang apa yang disampaikannya tersebut.

  17. oiya.tlong jawaban antum juga dikirim ke alamat email saya. jazakallah

    • Wa iyyakum, afwan tadi sudah saya kirim ke email anti tetapi nggak bisa. semoga file-nya bermanfaat bagi anti dan kaum muslimin. Rasulullah shallallahu ‘alahi wa sallam mengajarkan kepada kita bagaimana sifat shaf yang benar yaitu rapat dan lurus, sebagaimana dalam sabda beliau: “Apakah kalian tidak berbaris sebagaimana berbarisnya para malaikat di sisi Rabb mereka?” Maka kami berkata: “Wahai Rasulullah, bagaimana berbarisnya malaikat di sisi Rabb mereka?” Beliau menjawab: “Mereka menyempurnakan barisan-barisan (shaf-shaf), yang pertama kemudian (shaf) yang berikutnya, dan mereka merapatkan barisan”. (HR. Muslim, An Nasa’i dan Ibnu Khuzaimah).

      Juga dalam riwayat lain, dari Anas radhiyallahu’anhu, dari Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam, beliau bersabda: “Tegakkanlah shaf-shaf kalian, sesungguhnya aku melihat kalian dari belakang punggungku.” Maka Anas berkata: “Salah seorang dari kami, mempertemukan bahunya dengan bahu saudaranya dan telapak kakinya dengan telapak kaki saudaranya.” (Dikeluarkan oleh Al Bukhari di dalam Ash Shahih (725), Ahmad di dalam Al Musnad (3/182, 263))

      Jadi shaf yg benar sesuai tuntunan Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam adalah seperti yg dipraktekan para shahabat. Saya pernah membaca suatu riwayat bahwa Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam sebelum wafat sempat melihat para shahabat shalat dengan shaf yang sangat rapat dan lurus sehingga membuat beliau merasa bangga.

      Untuk selebihnya silakan anti baca referensi berikut: http://ashthy.wordpress.com/2008/12/18/hukum-tidak-merapatkan-shaf-dan-celah-celah-di-dalam-shaf/
      Demikian yg bisa saya sampaikan, semoga kita senantiasa diberi keistiqomahan dalam menjalankan semua perintah dan menjauhi larangan-Nya. Amiin.

  18. saya download gambar-nya koq gak bisa-bisa ya??? saya mo tempel di mesjid deket rumah jg…

  19. Mohon izin ikut mengunduh. Syukron ya akhi…

  20. Saya mau tanya. Bedanya posisi shalat berjamaah yang terdiri dari 3 orang (1 Imam dan 2 Mkamum) seperti ini apa?

    O –> Imam
    00 –> Makmum

    OOO –> Imam dan makmum sejajar

    Kalau berkenan tolong kirim jawabannya melalui email saya di ichal_chuacev@yahoo.com. Terima Kasih

  21. sukron wal ksiron……..

  22. Mohon izin untuk mengunduh.terimakasih atas kesudiannya untuk berbagi pada sesama…jazaakallaahu khairan katsiran….

  23. sukran artikelnya, ana download

  24. ijin download,, mudah2an berkah..amin

  1. Ping-balik: Download Gambar Susunan Shaf Shalat « h e r r

  2. Ping-balik: Gambar - Panduan Shaf Dalam Shalat Berjama’ah :: armudha.web.ugm.ac.id « Adasemuanya’s Blog

  3. Ping-balik: Gambar – Panduan Shaf Dalam Shalat Berjama’ah | Blog Download Multimedia Muslim

  4. Ping-balik: Download Gambar Susunan Shaf Shalat Yang Benar « "Bisa Karena Terbiasa"

  5. Ping-balik: Gambar Susunan Shaf Shalat Yang Benar « Jihadsabili’s Blog

  6. Ping-balik: Shaf dalam Shalat Berjama’ah « BOALEMO SITE

  7. Ping-balik: BACALAH « 3bersahabat

  8. Ping-balik: Sharing is Caring » Gambar – Panduan Shaf Dalam Shalat Berjama'ah

  9. Ping-balik: Menata Shaf, Sunnah Rasul Yang Terabaikan « - – ASSALAFIYYAH – -

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 49 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: