10 Alternatif Kegiatan Di Bulan Ramadhan

“Wahai orang-orang yang beriman, telah diwajibkan puasa kepada kalian sebagaimana (puasa) telah diwajibkan kepada orang-orang sebelum kalian, agar kalian menjadi orang-orang yang bertaqwa.” (QS. Al Baqarah: 183)

Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan kepada orang-orang yang beriman sebagaimana firmanNya di atas agar berpuasa sebulan penuh pada bulan Ramadhan. Bulan tersebut adalah bulan yang sangat dinanti-nanti oleh kaum muslimin di seluruh dunia karena di dalamnya terdapat hikmah yang agung.

Kadang kita perlu beberapa agenda kegiatan yang dapat memberi manfaat bagi diri kita sendiri sehingga dapat terhindar dari kegiatan-kegiatan yang tidak berfaedah, bahkan malah mendapatkan dosa. Agar puasa kita berjalan seperti apa yang kita inginkan, berikut ringkasan 10 alternatif kegiatan di bulan Ramadhan yang bisa kita lakukan:

  1. Berusaha agar senantiasa bisa mendapatkan takbiratul ihram yang pertama bersama imam dalam seluruh shalat jama’ah lima waktu yang kita kerjakan di masjid, karena Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
    “Barang siapa yang shalat karena Allah Subhaanahu Wa Ta’aalaa selama empat puluh hari berjama’ah dan mendapati takbiratul ihram yang pertama maka ia akan dibebaskan dari dua hal: dibebaskan dari api neraka dan dibebaskan dari kemunafikan.” (HR. Imam At Tirmidzi)
  2. Shalat Shubuh berjama’ah di masjid, kemudian duduk untuk berdzikir dan membaca al Qur`an sampai terbit matahari. Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam:
    “Barang siapa yang shalat shubuh berjama’ah, kemudian duduk berdzikir sampai terbit matahari, kemudian shalat dua raka’at maka dicatat baginya (pahala) haji dan umrah secara sempurna, sempurna, sempurna.” (HR. Imam At Tirmidzi)
  3. Belajar dan bekerja dengan penuh semangat dan kesungguhan karena bulan Ramadhan adalah bulan amal dan jihad.
  4. Memperbanyak bersedekah ke fakir miskin, membantu orang yang kesusahan dan mengikuti kegiatan-kegiatan sosial yang bermanfaat bagi dunia dan akherat Anda.
  5. Setelah melakukan shalat ‘Ashar anda bisa berdzikir, istighfar, bertahlil, membaca dzikir petang sampai waktu berbuka.
  6. Ketika berbuka, Anda ingat bahwa orang yang berpuasa memiliki do’a yang tidak akan ditolak ketika berbuka puasa, maka jangan lupa berdoa baik untuk diri sendiri maupun mendo’akan saudara sesama kaum muslimin.
  7. Setelah shalat maghrib, jangan terlalu banyak makan agar dapat melaksanakan shalat isya dan tarawih dengan tenang dan khusyu’. Manfaatkan waktu ini untuk membaca buku-buku yang bermanfaat.
  8. Setelah shalat Tarawih, ada waktu luang yang bisa digunakan untuk mendapatkan berbagai pengetahuan agama (melalui membaca), bershilaturahim, mengunjungi orang yang sakit dan lain-lain. Hindari kegiatan yang tidak ada manfaatnya, membuang-buang waktu atau menonton acara-acara yang diharamkan oleh Allah Subhaanahu Wa Ta’aalaa. Karena malam-malam bulan Ramadhan sama dengan siangnya. Kita juga diwajibkan untuk menjaga seluruh anggota tubuh untuk tidak melakukan hal-hal yang diharamkan.
  9. Manfaatkan malam-malam bulan Ramadhan juga gunakan untuk istirahat, kemudian bangun sebelum shubuh untuk makan sahur.
  10. Hidupkan salah satu sunnah Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam yaitu i’tikaf.
    “Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam jika memasuki sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan mengencangkan sarungnya (tidak menggauli istrinya), menghidupkan malamnya dan membangunkan istrinya (untuk shalat malam).” (HR Bukhari dan Muslim)

Mudah-mudahan Allah Subhaanahu Wa Ta’aalaa menerima amalan kita semua.

Sumber: Dari teman, dengan perubahan seperlunya

About these ads

Posted on 12 Agustus 2008, in Spiritual and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 15 Komentar.

  1. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

    “Artinya : Jika datang bulan Ramadhan, maka dibukalah pintu-pintu surga [dalam riwayat Muslim : 'Dibukalah pintu-pintu rahmat"] dan ditutup pintu-pintu neraka dan dibelenggu syetan” [Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim]

    Semoga bisa memanfaatkan bulan ramadhan tahun ini dg amalan sholih.. amiin.

  2. konon yg namanya para pendahulu kita yg shalih-shalih kalo mempersiapkan diri menyambut ramadhan itu 6 (enam) bulan sebelumnya lho..
    http://masbadar.wordpress.com/2008/07/07/berbagai-artikel-dan-referensi-ttg-puasa/

  3. bagus artikelnya mas her…
    boleh di copas ngga untuk di sharing lagi ke teman2 yg lain?

  4. @dude
    silahkan mas dude…
    makasih dah mampir :)

  5. makasih banyak mas Her..

  6. Artikel yang bagus, tapi perlu ditambahkan bahwa saat ramadhan pintu neraka ditutup, maka mata telinga dan mulut kita pun wajib ditutup karena itulah sumber dari dosa bagi yang salah menggunakannya. Tangan dan kaki harus dibelengu agar tidak digunakan untuk melakukan hal-hal yang dapat mengurangi pahala puasa. Isi otak kita pun mulai diasah dari yang sebelumnya kurang berisi ilmu agama dan puasa maka saat yang tepat untuk mengisi dengan hal yang berpahala. Maka dari itu saya mengajak diri saya khususnya dan semua para muslim agar berlomba memanen pahala sebanyak mungkin mumpung belum datang bulan syawal. Insya Allah …. Amien

  7. amiin… jazakallah khair atas komentarnya mas

  8. Asslm..
    jazakallah khair..hmm bang lbh asik klo sebanyak2ny y?, (10 Alternatif Kegiatan Di Bulan Ramadhan)
    slm knl y

  9. wa’alaykumussalam warahmatullah wabarakatuh,
    ya memang lebih banyak lebih baik, tapi kudu inget: kegiatannya yg bener2 bermanfaat.
    waiyyak, salam kenal juga…

  10. mo tanya Kang. i’tikaf itu gimana? berapa hari minimal?

  11. klo mimalnya saya nggak tahu, wallahu ‘alam. coba antum baca artikel: http://tinyurl.com/56x6tj

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 49 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: