Tips Mengatasi Rasa Bosan dalam Bekerja

Adanya rasa bosan dan tidak dapat menikmati perkerjaan adalah hal yang wajar dalam kehidupan manusia. Tentu kita bisa bayangkan, seorang karyawan, misalnya, rata-rata ia menghabiskan waktu delapan jam sehari berkutat dengan perkerjaannya. Ini bukan waktu yang singkat, apalagi bila kita menjadikan pekerjaan sebagai beban berat. Akibatnya, perasaan sedih, tidak bersemangat, dan mengantuk lebih sering muncul sebagai tanda kebosanan mulai datang.

Rasa bosan dengan pekerjaan ini disebabkan antara lain adanya sifat monoton dalam pekerjaan tersebut sehingga tidak menarik dan menantang, lingkungan kerja yang tidak kondusif atau terasa ‘tidak hidup’, tidak memiliki otonomi dalam pekerjaan yang dilakukan sehingga tidak dapat melakukan sentuhan pribadi di dalamnya, tidak mencintai dan tidak menganggap penting pekerjaan tersebut, bahkan hanya sekedar duduk-duduk tanpa melakukan pekerjaan apa pun dapat menimbulkan rasa bosan ini.

Meskipun rasa bosan ini wajar dialami, Anda harus tetap pandai menyiasati agar hal ini tidak berlarut-larut dan menghambat produktivitas kerja. Ada beberapa kiat yang dapat Anda coba untuk mengatasi rasa bosan Anda:

  • Bersyukurlah Anda telah mendapat pekerjaan karena saat ini banyak yang kesulitan mendapatkan pekerjaan dan mulailah mencintai pekerjaan Anda. Mencintai pekerjaan akan membuat Anda lebih bersemangat kerja.
  • Fokuslah menyelesaikan pekerjaan pada jam kerja sehingga tidak banyak melakukan kesalahan dan harus mengulang dari awal. Sebab, mengulang pekerjaan yang sama dari awal dapat menimbulkan rasa bosan.
  • Tetapkan target yang harus dicapai untuk menghindari bermalas-malasan dan bosan.
  • Tentukan planning atau rencana-rencana untuk lima tahun lagi. Apakah Anda akan tetap seperti hari ini atau lebih berkembang? Lebih berkembang berarti harus ada kemajuan setiap hari dalam pekerjaan Anda. Jadi, buanglah rasa bosan dalam pikiran Anda!
  • Tambahlah skill/kemampuan baru yang menunjang pekerjaan Anda karena otak membutuhkan sesuatu yang baru. Selain membuat Anda lebih tertantang, skill ini bisa memberi Anda nilai ‘lebih’ dalam pekerjaan Anda.
  • Refreshing atau penyegaran dapat Anda lakukan di sela-sela jam kerja walaupun misalnya sekedar menghirup udara segar.
  • Di luar jam kerja, fokuslah untuk berpikir menyenangkan selain pekerjaan, misalnya nikmatilah berkumpul bersama keluarga. Lepaskanlah benar-benar beban pekerjaan. Curahkan perhatian Anda sepenuhnya untuk mereka.
  • Jalan-jalan di akhir pekan bersama orang-orang yang Anda cintai dapat Anda lakukan untuk menyingkirkan kebosanan ini.

Semoga bermanfaat.

Sumber: Majalah Nikah Vol. 7, No. 5, Agustus-September 2008

About these ads

Posted on 3 Agustus 2008, in Tipntrik and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 28 Komentar.

  1. duh…kedhisikan lih nulis :mrgreen:
    kalo cara mengatasi rasa bosen ngerjain sekripsi piye yo?

  2. Wah, mbacanya majalah Nikah terus… :roll:
    Alesannya pasti “buat nyari ide kado nikahnya temen”, huhu… :lol:

  3. @Sadat
    jangan tanya diriku…

    @Hyorinmaru
    nggak ada artikel tentang itu kok mas, saya nggak berlangganan kok mas ini majalah baru aja minjem ama mas sadat ;)

  4. @ Herr:
    Wew…
    Berarti ms Sadat-nya nih yg perlu diinterogasi ditanyai… :mrgreen:

  5. ada Naruto-nya sih.jadi tak beli. lohhh :mrgreen:
    *gak nyambung ya mjl nikah ma naruto :D

  6. Komen2nya mas2 di atas koq pd ga nyambung ma artikelnya ya, huehehehe… :D

  7. @sadat
    ada hubungannya kok, naruto mau nikah jadi beli majalahnya dulu :lol:

    @melati
    klo bahasa gaulnya: OOT

  8. @masher: padahal komenku ttg komen2 yg ga nyambung itu jg ga nyambung ma artikelnya…huehehehe…hidup OOT!!

  9. Supaya gak bosan… kerjakanlah perkerjaan tapi santai… jangan malah kerja plus kejar deadline mulu…. pasti stress donk….

  10. work hard, play hard ajah!
    point no.7 emang perlu dilatih tuh,.
    renang lagi yukz! ^^

  11. yukz kita renang lagi…

  12. Thanks her tips nya..
    point no.7 sulit bgt tuh, mana disini hiburan nya sedikit
    jauh dr keluarga n teman juga..
    wuuaaaaaaaa….. :((

  13. “kalo cara mengatasi rasa bosen ngerjain sekripsi piye yo?”

    <>
    trus gmn nerapin tips d atas? :-/:-/

    mang renang dmn??

  14. renang di pondokannya ust. ja’far

  15. semua dah di coba , tapi tetep az bosen. apa ga ada alternatif lain??????????????????????????????????

  16. gimana cara bersemangat dalam bekerja? sedangkan faktor semangat itu tidak ada

    • mencoba menghadirkan rasa semangat itu dengan berbagai cara, misalkan dengan membayangkan bahwa dengan bekerja kita akan mendapatkan uang yang nantinya diberikan untuk orang-orang yang kita cintai seperti orang tua, keluarga, kerabat dll. dan cara2 lainnya.

      • herr,kalau ngebayangin tentang dapet imbalan atas pekerjan kita
        bukannya itu justru bikin kita nyesek ya??
        apalagi mikir tentang orang tua segala itu justru bikin hati kita ingin selalu deket dengan ortu dan akhirnya malah nambahin rasa bosen yang ada doang

  17. kalo pekerjaan yang kita kerjakan bukan saja membosankan tapi udah melelahkann,menjengkelkan,memusingkan terus lingkungannya ga kondusif pula
    tapi bosnya baik
    kalau punya rasa ingin mengundurkan diri salah gak

    • ingin mengundurkan diri atu tidak itu pilihan blue, tidak ada yang memaksa kehendak blue. kecuali kalau memang telah ada kesepakatan dalam kontrak kerja. tapi terlebih dahulu harus mempertimbangkan berbagai aspek yang datangnya dari diri sendiri maupun orang lain terutama keluarga blue. dan juga kalau blue sudah keluar dari pekerjaan yang sekarang apakah sudah dapat penggantinya? pikirkan lebih bijak dan dewasa. good luck..

  18. gmna yaa, aku bener2 bosan dengan pkerjaan ini,tapi aku bingung juga see, seandainya ga bekerja, sbenarnya aku pengin hal2 yang baru, tapi rasanya ga ada kesempatan untuk meraihnya, bahkan aku merasa booooooooooooooooooooring browww

    • sabar mas, nikmati aja kerjaan yg sekarang. memang wajar ada rasa jenuh dengan pekerjaan kita, tp cobalah ikuti kiat2 di artikel atas. dan juga cobalah merenungkan orang2 lain yg sampai saat ini juga belum dapat pekerjaan, biasanya dapat membantu menimbulkan rasa syukur kita terhadap apa yg kita telah dapatkan sekarang ini.

  19. bagus … bagus … kayaknya coocook aja .. cintai pekerjaan and slow but sure … jalan terus …n senyum dikit …istirakat dikit ..balik lagi … kerja lagi …senyum lagi ….kerja lagi .. dengerin musik … kerja lagi … senyum lagi ..relaks lagi …kerja lagi … n renang ..n tidur … besok kerja lagi … senyum lagi ..dst … lalu terima duit .. senyum lagi …kerja lagi …makan … kerja lagi … ketemu teman … curhat …kerja lagi … buka facebook … senyum lagi … kerja lagi n kerja lagi … ditanggung tidak bosan lagi ..kerja lagi ..rajinlah seperti semut yang tak kenal lelah ..pada pekerjaan yang sama …tanpa reserve .. atau … pilihannya tidur terus selama satu minggu … lihat apa yang terjadi …

  20. komentar saya, semoga tidak membuat hati tersinggung, saya merasa bosan kalau membaca solusi masalah apa saja dari majalah islam, mungkin anda bisa memberikan solusi untuk saya , karena selama ini menghadapi rasa bosan baik dengan acara refresing tetap dihinggapi rasa bosan dan tidak ada puasnya,astagfirulloh semoga saya tidak berlebihan dalam mengatasi rasa bosan. jazakillah.

  21. butuh teknik memotivasi diri sendiri ya gan…

  22. klo semisalkan bosan kerja karena org yd ada dlingkungan kerja kita tidak menyenangkan gmn solusi.x????

  23. bosen kerja truss gak da hiburan kusus di sini timor leste, plink man buka ntrnet doan,,,,,,alah mboh mumet plennnndddd

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 49 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: